Skip to main content

follow us

Sebelum Liat Harga Cat Tembok, Jangan Lupakan Dasar Catnya!

Mengecat tembok rumah tentu membuat rumah akan menjadi lebih berwarna sehingga enak dipandang oleh siapa pun yang melihatnya. Namun, sebelum kamu menggunakan cat tembok dan mencari tahu harga cat tembok, kamu wajib mengetahui jika harus menggunakan dasar catnya. Terkadang, banyak orang yang lupa jika sebelum menggunakan cat tembok harus memakai dasarnya terlebih dahulu.

Padahal, dasar dari cat tembok ini sangatlah penting, lho. Oleh sebab itu tidak bisa dilewatkan begitu saja. Mengapa dasar cat tembok ini penting? Kamu pun harus mengetahui penjelasannya terlebih dahulu untuk mengerti. Nah, berikut ini ulasan yang bisa kamu ketahui mengenai fungsi dari dasar cat tembok. Yuk, disimak!

Dapat Menambah Daya Perekat Tembok
Ketika kamu mengecat rumah tanpa dasar cat, memang cat akan menempel pada dinding. Hanya saja, akan lebih mudah mengelupas lagi jika dibandingkan dengan memakai dasar cat. Harga cat tembok semahal apa pun, apabila tidak menggunakan dasar cat akan tetap mudah lepas dari dindingnya. Apalagi pada dinding yang memang sehari-harinya akan terkena cuaca, maka sangat diwajibkan untuk menggunakan dasar cat.

Membuat Warna Cat Pada Dinding Lebih Indah
Saat kamu memberikan warna pada dinding rumah dengan cat tanpa didasari dasar cat, maka warna yang akan muncul adalah warna yang tercampur dengan warna material yang ada. Maka dari itu, hasilnya tidak akan indah dan sempurna. Kebanyakan orang, justru akan menambah cat dengan warna yang sama hingga berkali-kali sampai warna yang diinginkan keluar dengan sempurna dan indah.

Cara tersebut memang bisa dilakukan, tetapi jika harga cat tembok ternyata mahal, ini bisa menguras kantongmu cukup dalam. Maka dari itu, agar tidak terlalu keluar biaya besar, kamu harus memakai dasar cat untuk membuat warna cat pada dinding menjadi lebih indah meski hanya dalam sekali sapu.

Bisa Membuat Tembok Terasa Lebih Halus
Bagi kamu yang sudah sering melihat tembok yang belum tersentuh finishing, pasti akan mengetahui jika tembok akan memiliki pori-pori yang besar dan membuat kasar ketika disentuh. Hal ini tentu saja akan mengganggu ketika kamu melakukan pengecatan, dan menampilkan hasil yang buruk ketika sudah selesai dicat. Dengan memakai dasar cat, maka pori-pori yang terbuka pada tembok akan tertutup dengan sempurna hingga mudah dicat.

Membuat Daya Tahan Lebih Pada Antialkali atau Garam Alkali
Pada dasarnya, fungsi dari dasar cat adalah untuk mencegah lapisan luar dari tembok terkontaminasi atau terkena zat-zat yang bisa merusak cat seperti antialkali atau bisa juga garam alkali. Meskipun menggunakan harga cat tembok yang mahal, belum tentu dapat terhindar dari zat itu. Zat seperti itu memang bisa membuat tampilan luar cat rumah menjadi rusak dan jelek. Lalu, dari mana zat alkali itu berasal? Zat ini biasanya berasal dari semen yang digunakan untuk melapisi tembok.

Tidak hanya semen, zat tersebut bisa terdapat dari bata yang dipakai untuk membangun rumah. Kenapa zat alkali berbahaya? Karena dapat membuat pengapuran pada dinding. Jika memang terjadi pengapuran, tentu rumahmu akan menjadi kotor karena debu yang beterbangan. Bahkan, debu-debu ini bisa menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan jika terhirup atau masuk ke pori-pori kulit.

Membuat Perlindungan Ekstra
Selain dari antialkali atau garam alkali, ada beberapa masalah yang bisa merusak cat dinding beserta dindingnya seperti lumut dan juga jamur. Dasar cat ini akan membantu lebih melindungi dari masalah-masalah tersebut. Bahkan masalah seperti atap yang bocor sehingga air rembesan tidak akan mudah merusak dinding karena dilapisi dasar cat.

Itulah ulasan mengenai pentingnya dasar cat meskipun kamu menggunakan harga cat tembok yang mahal sekalipun. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cat tembok, kamu bisa mengunjungi situs asianpaints.co.id. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat, ya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar