Skip to main content

follow us

7 Tanda Kamu itu Sakit, Coba Cek Kuku Kamu sekarang juga

Banyak sekali cara para ahli kesehatan dalam mendeteksi suatu masalah pada tubuh yang berkenaan dengan kesehatan, salah satunya adalah dengan cara melihat perubahan warna pada kuku. Kita tahu bahwa bagi para wanita khususnya, kuku akan sering mengalami perubahan, namun perubahan tersebut lebih sering disengaja dengan mewarnainya, hal ini bertujuan untuk menambah daya tarik pada bagian tubuh sehingga mereka akan tampak lebih cantik dan menggoda.

Namun, perlu langkah waspada bagi wanita terkhusus bagi pria jika mengalami perubahan kuku secara alami atau perubahan tersebut tidak disengaja. Lalu apa saja sih perubahan pada kuku yang wajib kamu waspadai?, berikut informasi tentang 7 Tanda Kamu itu Sakit, Coba Cek Kuku Kamu sekarang juga versi 7Top Ranking, Check it out !

1. Kuku Menjadi pucat
Kuku putih dengan pinggiran warna lebih gelap di ujung kuku disebut kuku Terry adalah tanda atau gejala yang dicurigai menjadi tanda penyakit hati disebut sirosis. Namun tidak perlu khawatir jika ini terjadi pada kamu, sebab kebanyakan orang dengan perubahan kuku seperti ini dinyatakan sehat.

2. Kuku berwarna Putih
Walaupun kuku yang benar-benar putih hadir sejak lahir atau mungkin merupakan kondisi bawaan dan tidak ada tanda-tanda yang aneh kesehatan kamu, maka kamu tidak perlu khawatir akan hal itu, akan tetapi jika kuku tersebut muncul di kemudian hari dengan tiba-tiba atau tanpa sebab, kemungkina besar itu merupakan tanda beberapa penyakit seperti tanda-tanda sirosis, gagal ginjal kronis, gagal jantung, diabetes mellitus , hipoalbuminemia kronis, dan limfoma Hodgkin. Jika itu terjadi, maka sebaiknya periksakan pada dokter.

Baca Juga:

3. Kuku berwarna Kuning
Perubahan kuku berwarna kuning sering disebut dengan istilah "sindrom kuku kuning" yang terjadi pada pasien dengan penyakit paru-paru serius dan limfedema (pembengkakan pada ekstremitas). Biasanya tidak semua kuku berwarna kuning pada pasien yang mengalami beberapa penyakit di atas.

4. Kuku berwarna kebiruan
Dalam kondisi ini, kuku berwarna benar-benar normal tetapi alas pada kuku tidak, jaringan yang terletak di bawah lempeng kuku, berwarna biru. Ini biasanya disebut sianosis dasar kuku dan merupakan tanda darah yang kekurangan oksigen atau hemoglobin yang tidak teroksigenasi dengan lebih akurat, yaitu oksigen yang membawa protein dalam sel darah merah. Dengan adanya tanda ini bisa jadi kamu sedang mengalami suatu masalah yang perlu kamu periksa jika perubahan tersebut berdampak pada tubuh kamu.

5. Lipatan kuku yang bengkak
Kulit di sekitar tepi kuku bisa saja rusak oleh banyak hal. Hal tersebut tidak bisa dianggap sepele, hal ini bisa saja merambat sehingga bengkak pada kuku membesar dan terus membesar. Kapiler yang rusak yang disebabkan oleh penyakit pembuluh darah kolagen autoimun tertentu dapat membuat kulit dan kutikula tampak "dimakan ngengat".

6. Garis Gelap Di Bawah Kuku
Ada sejumlah alasan untuk munculnya garis coklat atau hitam linier memanjang dari kutikula ke ujung kuku. Karena tidak mungkin untuk memvisualisasikan sumber warna karena itu berada di matriks kuku di bawah lipatan kuku, itu sering menjadi penyebab kecemasan pada pasien. Biopsi mungkin diperlukan untuk memastikan itu bukan bentuk dari kanker kulit .

7. Kuku yang digerogoti
Ada juga kebiasaan menggigit kuku dengan alasan agar kuku bersih, namun perlu diwaspadai jika saat menggigit, air liur pada mulut bisa saja menyebabkan datangnya kuman, dan saat kulit pada kuku terinfeksi, ini akan menjadi tanda bahaya yang bisa saja menjadi biangnya penyakit.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar