Skip to main content

follow us

7 Jamur dengan Bentuk yang Sangat Unik, Bahkan ada Jamur yang seperti Otak bentuknya !

Halo sobat 7Top Ranking, tau ngak sih bahwa jamur selain enak dan sudah menjadi bahan untuk dikonsumsi, ternyata jamur juga mempunyai keunikan tersendiri seperti bentuk, tempat tumbuhnya jamur, jenis jamur sampai rasanya. Nah, kali ini, 7Top Ranking akan mengulas bentuknya saja ya guys, habisnya penasaran sih bagaimana bisa jamur berbentuk otak dan apa namanya. Oke, dari pada kamu penasaran, yukss, intip aja 7 Jamur dengan Bentuk yang Sangat Unik versi 7Top Ranking, check it out !

1. Jamur Gigi Berdarah (Hydnellum pecki)
Jamur gigi berdarah ini dapat ditemukan di Amerika Utara di mana ia lebih sering tumbuh di Pacific Northwest dan sebagian besar berada di hutan. The Bleeding Tooth juga ditemukan di Eropa dan baru-baru ini telah ditemukan di Iran dan Korea. Sekilas jamur ini mirip gigi berdarah, atau tetesan darah luka hewan yang menempel di jamur putih. Ketika diperiksa lebih dekat, menjadi jelas bahwa jamur ini mengaliri cairan merah melalui pori-pori kecilnya sendiri.

Coba baca yang ini !

2. Jamur Bola Raksasa (Calvatia Gigantea)
Jamur bola raksasa atau disebut juga dengan istilah Calvatia gigantean sagat mudah dikenali dari ukuran dan bentuknya. Jamur ini seukuran bola sepak bola. Namun, dapat tumbuh lebih besar lagi.

3. Jamur Otak (Gyromitra esculenta)
Gyromitra esculenta, salah satu dari beberapa spesies jamur yang dikenal sebagai morels palsu, adalah jamur ascomycete dari genus Gyromitra, didistribusikan secara luas di Eropa dan Amerika Utara. Biasanya jamur ini tumbuh di tanah berpasir di bawah pohon jenis konifera pada musim semi dan awal musim panas. Jamur ini berbentuk sebuah otak yang tidak teratur atau topi coklat tua yang dapat mencapai 10 cm dan 15 cm lebarnya.

Meskipun berpotensi fatal jika dimakan mentah, Gyromitra esculenta adalah makanan lezat yang populer di Skandinavia, Eropa Timur, dan wilayah atas Danau Besar Amerika Utara. Meskipun populer di beberapa daerah Pyrenees timur, tapi jamur ini dilarang di Spanyol. Jamur otak ini dijual segar di Finlandia, tetapi harus disertai dengan peringatan dan petunjuk tentang persiapan yang benar. Biasanya jamur otak dibikin omelet, sup, atau tumis dalam masakan Finlandia. Bukti terbaru menunjukkan bahwa prosedur keamanan ini tidak dapat membuat jamur seluruhnya aman, sehingga meningkatkan kekhawatiran risiko bahkan ketika disiapkan dengan benar.

4. Jamur Ekor kalkun (Trametes versicolor)
Trametes versicolor, sering disebut Turkey Tail atau "ekor kalkun". Dikatakan jamur ekor kalkun karena jamur ini mirip dengan corak dan bentuk ekor kalkun.

5. Jamur Jenggot (Hericium erinaceus)
Jamur ini terlihat seperti mie atau jenggot. Ini adalah jamur merang dalam kelompok jamur gigi. Di alam liar, jamur ini biasa tumbuh selama akhir musim panas dan jatuh pada kayu keras yang mati, terutama jenis American Beech.

6. Jamur Cahaya (Mycena chlorophos)
Jamur neon hijau ini, atau Mycena chlorophos, muncul selama musim hujan di hutan Jepang dan Brasil. Di batang pohon, ranting yang jatuh, timbunan daun dan tanah lembab menyediakan tempat berkembang biak sempurna untuk jamur ini. Kebanyakan ditemukan di pulau Mesameyama di Ugui, Jepang dan Ribeira Valley Tourist State Park, Brasil. Jamur ini menyala seperti posfor di kegelapan.

7. Jamur Fly Amanita (Amanita muscaria)
Jamur ini merupakan jamur yang beracun, jamur ini juga salah satu dari banyak jamur beracun dalam genus Amanita. Ada beberapa subspesies, dan masing-masing memiliki warna topi yang berbeda. Bentuk jamur yang banyak dipakai dalam film animasi dan game Mario Bross.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar