Skip to main content

follow us

7 Cara dan Tips Sederhana Menjaga, Melindungi dan Merawat Mata Tetap sehat, Nomor 1 wajib Jangan lupa ya..!

Sobat 7top, tau ngak kalau mata itu adalah bagian yang amat penting bagi manusia, maka dari itu menjaga kesehatan mata merupakan hal yang harus diutamakan terlebih dahulu, sobat bisa bayangin kalau mata sobat saat ini sedang bermasalah, gimana susah bukan.

Terkadang manusia sering lupa untuk merawat kesehatan mata mereka, bahkan sering sekali kita melihat sebagian orang tidak peduli dengan kesehatan mata mereka sehingga tanpa mereka sadari, kondisi mata mereka semakin lama semakin memburuk.

Oya sobat, sebagaimana yang kita ketahui bahwa Mata adalah jendela dunia. Kalimat singkat ini tepat, karena lewat mata kita bisa melihat, mengerti, mengetahui dan masih banyak hal lagi. Maka dari itulah mengapa sangat pentung untuk memperhatikan kesehatan mata. Nah sobat, perlu diketahui bahwa bukan hanya tubuh saja yang bisa merasakan capai atau kelelahan, perawatan dan cara menjaga kesehatan mata pun diperlukan agar mata tidak mudah lelah.

Baca juga:

Sobat 7top, pernah ngak sobat perhatikan kebanyakan gaya hidup saat ini cenderung mengarah pada hal-hal yang berdampak negatif seperti kecanduan gadget, aktivitas yang enggan untuk mata dan lain sebagainya, dan itu tentu mengganggu sekali untuk kesehatan mata.

Aktivitas yang padat dengan melibatkan mata sebagai alat utama adalah hal yang wajar ya sobat, Namun, jika berlebihan, kesehatan mata rawan terganggu. Jadi, bukan hal aneh lagi kalau gangguan kesehatan mata cenderung meningkat. Prevent Blindness America mencatat terdapat kenaikan penderita gangguan penglihatan hingga 89 persen dalam 20 tahun terakhir. Sebagian besar penderitanya ialah mereka yang berusia 40 tahun ke atas.

Oya sobat, Tentu saja kamu tidak mau mengalami gangguan penglihatan pada mata kamu, maka dari itu, 7Top Ranking akan memberikan tips, cara atau langkah-langkah merawat, menjaga, melindungi dan membuat mata tetap sehat. Berikut 7 Cara dan Tips Sederhana Menjaga, Melindungi dan Merawat Mata Tetap sehat

1. Sobat Harus rajin Makan sayur dan Buah
Melakukan perawatan mata dengan baik dan alami adalah mengonsumsi Buaha-buahan dan sayuran. Khusus untuk sayuran, pilihlah jenis sayuran yang memiliki daun hijau tua seperti bayam, brokoli atau sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis karotenoid yang diketahui bisa mengurangi risiko berkembangnya katarak serta penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Cobalah untuk mengonsumsinya dua porsi sehari, misalnya satu porsi bayam saat makan siang dan satu porsi brokoli saat makan malam. Selaian itu, sayur wortel juga baik untuk mata, hal itu karena kandungan pada wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

Siapapun tahu bahwa vitamin A sangatlah baik untuk kesehatan matamu. Beberapa ahli kesehatan pun menyarankan untuk selalu mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi seperti wortel, labu, alpukat, tomat, dan lain-lain. Cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang satu ini memiliki pengaruh yang sangat besar untuk kesehatan matamu serta dapat menjaga kesehatan mata hingga tua nanti.

2. Istirahatkan mata dan Kurangi waktu berada di depan layar Laptop/ gadget
Jika mata lelah setelah bekerja dan melihat layar komputer secara terus-menerus, istirahatkanlah matamu dengan menjauhi mata dari monitor komputer. Jika mata sering lelah dan kamu merasa tidak normal, itu bisa jadi salah satu pertSobat beberapa kondisi mata, seperti mata kering, presbiopia, atau kacamata dengan lensa yang tidak tepat. Konsultasikan masalah matamu ke dokter spesialis mata.
Selain memperhatikan jarak, cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang dapat kamu lakukan ialah dengan mengurangi waktu saat berada di depan layar televisi maupun layar komputer. Sebagian orang yang sedang asik menonton atau sedang fokus mengerjakan sesuatu terkadang membuat lupa waktu dan akhirnya tanpa disadari hal tersebut membuat kesehatan mata menjadi menurun.

3. Gunakan kacamata khusus untuk melindungi area mata
Mungkin saja masih banyak yang bingung dengan cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang satu ini. Penggunaan kacamata memang tak hanya dikhususkan untuk sebagian orang yang membutuhkan saja, namun kacamata seharusnya wajib digunakan oleh semua orang jika ingin menjaga matanya tetap sehat.Buat kamu yang selalu bekerja di depan layar, gunakan kacamata anti radiasi yang dapat membantu matamu agar tidak cepat kelelahan dan buat kamu yang beraktivitas di luar ruangan, gunakan juga kacamata yang memiliki pelindung dari sinar UV untuk menghindari kerusakan mata akibat sinar UV.

4. Periksa mata secara teratur
Melakukan pemeriksaan mata secara teratur adalah satu-satunya cara untuk mengantisipasi berbagai masalah, seperti glaukoma atau penyakit mata karena diabetes. Kebanyakan orang dengan masalah penglihatan harus menemui dokter mata mereka sekali setahun untuk memastikan penglihatan mereka tidak berubah. Jadwal pemeriksaan yang sebaiknya dilakukan: Usia 40 tahun: pemeriksaan mata dasar Usia 40- 55: pemeriksaan mata setiap dua hingga empat tahun sekali Usia 55-64: pemeriksaan mata setiap satu sampai tiga tahun sekali Usia 65 ke atas: pemeriksaan mata setiap tahun

5. Jangan membaca dalam cahaya redup dan terlalu terang
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Sobat pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Sobat.

6. Hindari rokok dan merokok
bahaya perokok pasif Selama ini rokok kerap dikaitkan dengan masalah pada jantung dan paru. Padahal, rokok juga berdampak buruk pada penglihatan Sobat. Perokok aktif berisiko lebih tinggi untuk mengalami degenerasi makula, katarak, uveitis, bahkan kebutaan. Maka itu, berhenti merokok secepat mungkin guna menjaga kesehatan mata sejak masih muda. Jika Sobat bukan perokok pun tetap perlu menghindari paparan asap rokok dari orang sekitar. Menjadi perokok pasif (secondhand smoker) bisa sama berbahayanya dengan perokok aktif.

7. Cek Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi meningkatkan resiko terkena stroke. Stroke terjadi saat pembuluh darah di otak berdarah atau tersumbat. Hal ini dapat mempengaruhi penglihatan mu jika terjadi di bagian otak yang gunakan untuk melihat. Hal ini juga dapat menyebabkan titik-titik buta dalam penglihatan mu, yang membuat mu akan memiliki kesulitan membaca dan tidak dapat lagi mengemudi.Jika pembuluh darah di bagian belakang mata berdarah atau tersumbat, hal ini dapat mempengaruhi penglihatan mu secara serius dan dalam beberapa kasus menyebabkan kehilangan penglihatan total pada mata. Memiliki tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko terkena glaukoma. Glaukoma adalah saat tekanan di dalam mata merusak saraf optik di bagian belakang mata.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar