Skip to main content

follow us

7 Cara ini sangat Sederhana untuk Mengusir Stress Berat yang Kamu Alami

Mungkin mengejutkan bagi Sobat jika mengetahui bahwa tekanan biologis merupakan penemuan yang cukup baru terkait dengan gejala awal adanya stres. Tidak sampai akhir 1950-an bahwa ahli endokrin Hans Selye pertama kali mengidentifikasi dan mendokumentasikan stres. Gejala stres sudah ada jauh sebelum Selye, tetapi penemuannya mengarah pada penelitian baru yang telah membantu jutaan orang tentang cara mengatasi stres. 7Top Ranking akan mengulas 7 Cara Sederhana untuk Mengusir stres Berat yang Kamu alami, Berikut keterangannya:

1. Ibadah (Islam: Shalat dan Membaca Al-qur'an)
Karena saya beragama Islam, maka dalam ajaran Islam, stres bisa diatasi dengan cara memperbanyak ibadah shalat serta membaca Al-qur'an. Keberkahan Shalat dan membaca Al-quran sangat ampuh untuk mengatasi stres yang kamu alami. Namun, bagaimana dengan yang bukan beragama Islam, maka itu bisa diatasi dengan cara sobat mendekatkan diri sobat kepada Tuhan.

2. Mendengarkan musik
Jika Sobat merasa kewalahan oleh situasi yang membuat stres, cobalah beristirahat dan mendengarkan musik yang menenangkan. Memainkan musik yang tenang memiliki efek positif pada otak dan tubuh, dapat menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kortisol, hormon yang terkait dengan stres.

Sobat bisa juga memilih suara laut atau alam sebagai pengganti musik jika sobat tidak suka mendengarkan musik. Ini mungkin terdengar murahan, tetapi jenis lagu dari alam ini akan memberikan efek relaksasi yang mirip dengan musik bahkan lebih signifikan daripada musik.

3. Bicarakan dengan teman yang dapat dipercaya
Saat Sobat merasa stres, istirahat sejenak untuk menelepon teman dan berbicara tentang masalah Sobat. Hubungan yang baik dengan teman dan orang yang dicintai penting untuk gaya hidup sehat apa pun. Mereka sangat penting ketika Sobat berada dalam tekanan stres. Nasihat yang meyakinkan walau sedikit dan sejenak akan mampu untuk menghilangkan tekanan stres yang sobat alami.

4. Atur pola Makan dengan benar
Tingkat stres dan diet yang tepat ternyata sangat berkaitan. Ketika kita kewalahan, kita sering lupa untuk makan yang benar dan lebih cenderung menggunakan makanan ringan yang manis dan berlemak sebagai makanan tambahan, dan ini tentu akan memperburuk kesehatan sobat tentunya.

Cobalah untuk menghindari camilan-camilan. Pilihlah Buah-buahan dan sayuran sebagai makanan sobat, itu lebih baik. selain itu, ikan dengan kadar asam lemak omega-3 yang tinggi terbukti juga untuk mengurangi gejala stres.

5. Tertawalah sobat, tapi jangan asal tertawa (nanti dibilang gila hehe)
Tertawa dapat melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hati dan menurunkan kadar hormon kortisol dan adrenalin yang menyebabkan stres. Tertawa menipu sistem saraf Sobat untuk membuat Sobat bahagia. untuk mendapatkan suasana yang happy, maka sobat bisa nonton film gendre komedi atau film yang bernuansa gembira.

6. Minum teh Hijau sebagai pengganti Kafein
Dosis kafein dalam jumlah besar menyebabkan lonjakan tekanan darah jangka pendek. Ini juga dapat menyebabkan poros hipotalamus-hipofisis-adrenal Sobat mengalami overdrive. Coba alihkan kopi atau minuman berenergi dengan mencoba teh hijau. teh hijau memiliki kurang dari setengah kafein kopi dan mengandung antioksidan sehat, serta theanine, asam amino yang memiliki efek menenangkan pada sistem saraf.

7. Olahraga secara Teratur
Olahraga tidak selalu berarti angkat daya di gym atau pelatihan untuk maraton. Berjalan kaki singkat di sekitar kantor atau sekadar berdiri untuk meregangkan badan selama istirahat di tempat kerja dapat menawarkan kelegaan segera dalam situasi yang penuh tekanan. Dengan membuat tubuh terus bergerak akan melepaskan endorfin dan dapat meningkatkan suasana hati Sobat secara instan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar