Skip to main content

follow us

Penyakit yang Sering Dialami Anak dan Dapat Ditangani oleh Dokter Anak

Anak adalah masa ketika pertumbuhan sistem organ tubuhnya belum sempurna, termasuk sistem imun. Hal tersebut menyebabkan anak rentan terserang penyakit. Sebagai orang tua, Anda perlu tahu penyakit yang sering dialami oleh anak. Jika anak Anda mengalami gejala yang mirip, maka Anda bisa segera membawanya ke dokter anak terdekat untuk mendapat pertolongan.

Konsultasikan Penyakit Berikut dengan Dokter Anak
Ada beberapa penyebab mengapa anak mudah sakit. Selain sistem imun yang belum sempurna, orang tua harus mengamati aktivitas anak. Penyakit anak biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak baik, faktor cuaca, dan lingkungan yang tidak higienis. Hal-hal seperti genetik juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan anak. Berikut 4 penyakit yang sering menyerang anak dan harus diwaspadai oleh setiap orang tua.

1. Demam
Kondisi demam sebenarnya merupakan respon tubuh dalam menghadapi infeksi yang menyerang. Demam juga muncul ketika ada perubahan dalam tubuh seperti pertumbuhan gigi. Kondisi demam yang harus diwaspadai yaitu ketika suhu tubuh lebih dari 37 °C. Jika belum sempat, berikan pertolongan pertama terlebih dulu berupa mengompres dengan air hangat. Berikan juga asupan makanan dan minuman dengan cukup. Segera bawa ke dokter anak apabila pertolongan tersebut tidak memberikan efek.

2. Eksim
Anak mudah mengalami gatal-gatal pada kulit. Kondisi ini disebut dengan eksim dan membuat anak menjadi sangat tidak nyaman. Eksim biasanya muncul pada kulit yang mudah lembab seperti leher, lekukan lengan, dan area perut. Anak akan refleks menggaruk kulit yang mengalami gatal. Hal tersebut dapat memperparah kondisi eksim dan bisa menyebabkan infeksi bakteri. Untuk mencegah anak menggaruk, gunakan pelembab dan pastikan anak tidak menggaruk secara berlebihan. Bawalah ke dokter anak supaya bisa mendapatkan penanganan tepat.

3. Diare
Anak yang diare ditandai dengan frekuensi BAB mencapai lebih dari tiga kali sehari dan konsistensi feses sangat encer. Diare bisa disebabkan salah makan, alergi, keracunan, atau adanya infeksi. Segera bawa dokter supaya diare anak Anda bisa diketahui penyebab dan ditangani. Sebelum ke dokter, jangan lupa untuk memberikan anak cairan garam supaya anak tidak mengalami dehidrasi akibat kehilangan cairan.

4. Radang tenggorokan
Ketika anak mengalami radang, mereka akan sangat sulit untuk menelan. Hal tersebut dapat menurunkan nafsu makan anak. Suara anak juga akan berbeda dari biasanya dan anak akan mengeluh kerongkongan gatal. Berikan air minum yang banyak dan ajari untuk berkumur dengan air garam. Diharapkan cara tersebut bisa mengurangi gejala radang yang dialami oleh anak.

Apabila penanganan yang Anda lakukan tidak bisa mengurangi gejala, segera bawa ke dokter anak. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis anak melalui asisten kesehatan SehatQ dengan mengakses sehatq.com.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar