7Top Ranking
Jasa Review

7 Tips Manjur Mengobati Sakit Tenggorokan pada Anak-Anak



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, Terima Kasih
7 Tips Manjur Mengobati Sakit Tenggorokan pada Anak-Anak ~ Sakit tenggorokan adalah infeksi akut paling umum yang diderita remaja dan anak-anak di tahun-tahun awal sekolah mereka. Masalah tersebut lebih sering terjadi pada musim gugur dan musim dingin. Kebanyakan sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Sekitar sepertiga dari sakit tenggorokan pada anak-anak berusia 5 hingga 15 tahun disebabkan oleh infeksi tenggorokan dari kelompok bakteri streptokokus A ß-hemolytic, menurut penelitian 2007 yang diterbitkan di Canadian Family Physician
sakit tenggorokan
Penyebab umum lainnya sakit tenggorokan termasuk alergi, udara kering, kekebalan lemah, refluks asam, paparan seseorang dengan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan, flu, flu biasa, polusi (bahan kimia atau iritasi udara) dan terpapar asap rokok bekas.
Tanda dan gejala sakit tenggorokan pada anak-anak termasuk sakit tenggorokan, nyeri ketika menelan, demam, kelenjar bengkak di leher, bau mulut, rasa gatal di tenggorokan, bersin, suara serak, mata berair, batuk dan kemerahan di belakang mulut.
Sakit tenggorokan juga dapat menyebabkan tangisan, kerongkongan, dan penolakan yang berlebihan untuk makan atau minum sebagian besar makanan. Ini bisa memperburuk situasi.
Iklan

Kebanyakan sakit tenggorokan, terutama yang disebabkan oleh virus, akan hilang dengan sendirinya tanpa antibiotik. Tetapi untuk mendapatkan bantuan dari gejala-gejalanya, Anda dapat menggunakan beberapa solusi alami.
Perhatian: Beberapa obat yang tercantum di bawah ini mengandung madu. Untuk bayi yang lebih muda dari usia 1 tahun atau dibawah 1 tahun, tidak dianjurkan mengkonsumsi madu, sebaiknya gunakan gula sebagai pengganti madu untuk rasa. Madu mentah dapat membawa bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan botulisme pada bayi.

7 Tips Manjur Mengobati Sakit Tenggorokan pada Anak-Anak
1. Kumur-kumur dengan Air Garam
Jika anak Anda sudah cukup besar untuk berkumur, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan bantuan dari sakit tenggorokan adalah berkumur dengan air garam. Garam bekerja seperti antiseptik dan membantu mengeluarkan lendir. Ini mengurangi dahak dan mengurangi peradangan, hal ini merupakan langkah cepat dan bantuan instan untuk anak Anda.
Lakukan:
  • Campur ½ sdt garam ke dalam segelas air hangat. Jika diperlukan, tambahkan sedikit madu untuk meningkatkan rasanya.
  • Buat anak Anda berkumur dengan solusi, dan ingatkan dia untuk meludahkan air setelah berkumur.
  • Lakukan ini beberapa kali sehari untuk hasil terbaik.
2. Cairan Hangat
Minum cairan hangat juga akan memberikan kenyamanan pada anak-anak yang menderita sakit tenggorokan. Pertama-tama, cairan hangat akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, yang sangat penting karena cairan membantu mengencerkan lendir berlebih. Kedua, ketika tenggorokan mentah dan meradang, minum minuman hangat membuatnya tetap lembab dan nyaman. Anda dapat menawarkan air hangat atau limun hangat. Cokelat panas, susu hangat, dan teh juga bisa ditawarkan. Jika anak Anda menolak cairan dalam jumlah besar sekaligus, berikan jumlah yang lebih kecil lebih sering.

3. Uap Hangat
Untuk meredakan sakit tenggorokan, uap hangat yang dibuat dari mandi air panas bisa efektif. Uap hangat membantu mengurangi kemacetan dan membuat pernapasan menjadi sedikit lebih mudah. Kehangatan kelembaban juga akan mengencerkan lendir agar lebih mudah dikeluarkan. Silahkan:
  • Jalankan mandi air panas dan tutup pintu kamar mandi untuk mencegah uap keluar.
  • Duduk bersama anak Anda di kamar mandi, hirup uap selama setidaknya 30 menit. (Jangan tinggalkan anak Anda di kamar mandi sendirian.)
  • Ulangi sesuai kebutuhan.
Warning:
Perlu kewaspadaan penggunaan uap Hangat khusus untuk anak-anak, walaupun bermanfaat ternyata ada risiko kecelakaan tinggi untuk anak kecil, maka dari itu perlu pengawasan orang tua jika uap hangat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan.

4. Gunakan Lemon
Anda bisa menggunakan lemon segar untuk meredakan sakit tenggorokan, karena lemon membantu mengeluarkan lendir dengan cepat. Menjadi kaya vitamin C, lemon juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh dalam melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.  Sifat antibakteri dan anti-peradangan pada lemon juga membantu mengurangi gejala yang terkait, seperti hidung meler dan batuk. Untuk menggunakannya, silahkan:
  • Masukkan 4 buah lemon yang telah dikupas/peras dan 1 sendok makan irisan jahe ke dalam panci. 
  • Tambahkan air mendidih secukupnya, kemudian tutup dan diamkan selama 10 menit. 
  • Saring cairannya, lalu campur dengan air hangat dengan tambahan madu. 
  • Minumkan kepada anak anda dengan rutin.
5. Madu
Madu adalah obat yang aman untuk anak-anak usia 1 tahun keatas yang menderita sakit tenggorokan. Madu dapat meringankan gejala sakit tenggorokan, karena sifat pelembap dan humektan. Ini juga mengandung sifat antibakteri, antimikroba dan antiseptik yang melawan mikroba yang menyebabkan sakit tenggorokan yang juga sangat baik untuk kekebalan anak Anda. Silahkan:
  • Campurkan 1 sendok makan madu organik mentah ke dalam secangkir air hangat. Aduk rata dan berikan ke anak Anda untuk diminum, 2 atau 3 kali sehari.
  • Sebagai alternatif, campurkan 1 sendok makan masing-masing madu dan jus lemon ke dalam secangkir air hangat. Buat anak Anda menghirup campurannya secara perlahan, lakukan beberapa kali sehari. 
  • Sebelum tidur, tambahkan 1 sendok teh madu ke dalam satu gelas susu hangat dan berikan pada anak Anda. 
Perhatian: Karena madu mentah dapat membawa bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan botulisme pada bayi, Anda tidak boleh memberikannya kepada bayi di bawah usia 1 tahun kebawah.
6. Jahe
Jahe merupakan obat rumah yang baik untuk mengobati sakit tenggorokan pada anak-anak. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi, antiviral dan antitusif (batuk-penekan) yang membantu mengurangi kemacetan dan meredakan gejala sakit tenggorokan. Maka dari itu, silahkan:
  • Campur 1 sendok teh masing-masing jus jahe dan madu. Berikan kepada anak Anda untuk menghilangkan ketidaknyamanan tenggorokan. Lanjutkan dengan secangkir susu hangat. Lakukan ini dua kali sehari.
  • Atau, tuangkan 6 cangkir air ke dalam panci dan tambahkan ½ cangkir jahe yang diiris tipis dan 2 batang kayu manis. Didihkan dengan api kecil selama 20 menit, lalu saring dan tambahkan sedikit madu mentah. Berikan kepada anak Anda untuk diminum beberapa kali sehari.
  • Juga, Anda bisa memberi irisan jahe dengan sedikit garam untuk mereka kunyah.
7. Kunyit
Kunyit adalah obat terkenal untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk sakit tenggorokan pada anak-anak. Kunyit mengandung minyak atsiri yang dapat membantu mencegah atau menenangkan tenggorokan gatal dan sakit. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan di saluran udara dan membuat bernapas lebih mudah. Silahkan:
  • Tambahkan 2 sendok teh bubuk kunyit ke segelas susu panas. Maniskan dengan sedikit madu dan berikan kepada anak Anda untuk diminum dua kali sehari untuk meredakan sakit tenggorokan.
  • Juga, Anda dapat membuat obat kumur dengan kunyit untuk menenangkan tenggorokan yang sakit. Tambahkan ½ sendok teh masing-masing bubuk kunyit dan garam ke segelas air hangat dan aduk rata. Jadikan campuran ini sebagai obat kumur anak dan lakukan dua kali sehari. 


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »
Copyright © 2012 7Top Ranking - All Rights Reserved