7Top Ranking

7 Penyebab Diabetes Mellitus, Nomor 7 ?



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, Terima Kasih
Diabetes Mellitus (DM), Tahukah kamu?, Kalau dikampung saya, nama penyakit ini sering disebut dengan kencing manis, tapi bukan berarti kencingnya manis lho heehee. Dalam bahasa kedokteran penyakit ini terkenal dengan istilah Diabetes Mellitus disingkat DM. penyakit ini adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti mengapa demikian?, hal itu karena Diabetes Mellitus merupakan jenis penyakit yang “sulit” untuk diobati.
Diabetes Mellitus
Kata “sulit” sengaja saya beri tanda kutip dengan tujuan bahwa sebenarnya Diabetes Mellitus bisa bahkan sangat mudah mengobatinya asalkan bagi penderita berjuang keras untuk melawan penyakit ini. Melawan Diabetes Mellitus bisa dilakukan dengan pola hidup yang sehat dan agar penyakit Diabetes Mellitus ini cepat sembuh, perlu 3 hal yang dilakukan yaitu:
  • Olah raga teratur
  • Jangan Stress
  • Pola makan yang sehat
A. Tak kenal pasti kenalan
Ada baiknya anda mengenal apa itu penyakit Diabetes Mellitus, dengan mengenal penyakit ini pastinya kita akan berusaha untuk menghindarinya dan berdoa supaya tidak termasuk orang yang menderita penyakit ini.

Asal muasal penyakit Diabetes Mellitus diawali dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Peningkatan kadar gula dalam darah terjadi diakibatkan adanya gangguan sistem metabolism dalam tubuh. Nah, salah satu organ tubuh yang terganggu disebut Pankreas yang tidak lagi berfungsi secara normal. Apa sih tugas pankreas?, tugasnya adalah untuk memproduksi hormone insulin sebagai zat untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jadi, jika pankreas tidak berfungsi dengan baik, dapat dipastikan tingkat dan kadar insulin dalam tubuh kurang sehingga metabolisme tidak tubuh optimal dan inilah yang menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat pesat.

Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa tubuh kita memerlukan zat yang disebut Insulin secara normal. Jika terjadi kekurangan insulin, maka bisa mempengaruhi metabolism tubuh rusak sehingga berakibat pada datangnya penyakit yang disebut Diabetes Mellitus.

Perlu diingat: Insulin berfungsi sebagai zat yang menjaga keseimbangan glukosa dalam darah dan bertindak sebagai pahlawan tubuh yang mengambil glukosa dalam sel badan. Secara normal, seharusnya jumlah insulin harus cukup, jika tidak maka glukosa tidak bisa masuk ke dalam tubuh dan sel-sel tubuh, jadi kemana glukosanya?, glukosa yang tidak tidak cukup tadi akan menumpuk di dalam darah yang menjadi penyebab utama kencing manis atau Diabetes Mellitus. yuk !, cari tahu penyebab Diabetes Mellitus

1. Banyak Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Gula
kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi tidak dapat dihindari oleh sebagian orang, hal itu karena kebiasaan hidup yang tidak bisa melewatkan jenis makanan dan minuman tertentu seperti es krim, sirup, permen, aneka jajanan kue dan lain sebagainya yang menyumbang hampir 50% gula ke dalam tubuh. Jika kebiasaan diatas tidak bisa dikontrol dengan baik, maka beberapa penyakit akan muncul salah satunya Diabetes Mellitus.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dari nasi atau roti
Wajib anda ketahui jika tubuh memiliki kemampuan terbatas untuk mengolah makanan. Jika Anda makan terlalu banyak kadar karbohidrat, maka tubuh akan menyimpannya dalam bentuk gula dalam darah atau disebut dengan glikogen. Apabila hal ini berlangsung setiap hari, maka bisa Anda bayangkan betapa besarnya penumpukan glikogen yang disimpan dalam tubuh. Inilah pemicu awal terjadinya gejala diabetes. Maka dari itulah, Anda wajib mengontrol pola makan anda agar tidak berlebihan.

3. Kurang tidur
Ternyata datangnya penyakit Diabetes Mellitus juga bisa terjadi akibat kurang tidur pada malam hari. Jika Anda kurang tidur, maka sistem kekebalan tubuh anda akan berkurang sehingga imun pada tubuh akan melemah. Selain itu, kebiasaan begadang juga menjadi pemicu awal tubuh mudah terserang penyakit. Maka dari itu, hindari kebiasaan begadang serta istirahatlah secara cukup yaitu 8 jam dalam sehari.

4. Merokok
Saya melihat bahwa rokok dan merokok merupakan satu kesatuan jalan untuk mendapatkan banyak penyakit, sebab diberbagai hal terkait dengan kesehatan selalu menganjurkan untuk meninggalkan kebiasaan merokok.

Rokok mempunyai kandungan yang cukup berbahaya bagi tubuh, selain merusak paru-paru, merokok bisa merusak hati dan pankreas dimana hormone insulin diproduksi sehingga bisa mengganggu produksi insulin di dalam kelenjar pankreas. Dengan merokok, maka tubuh akan terus dipicu untuk memunculkan masalah dalam tubuh seperti munculnya penyakit Diabetes Mellitus. Sayang pada tubuh anda, tinggalkan lah Merokok sekarang juga !

5. Kurangnya Aktivitas Fisik dan Olahraga
Gaya hidup pada jaman modern saat ini membuat gerak tubuh semakin berkurang, seperti berangkat kerja menggunakan kendaraan, naik lift, duduk terlalu lama di depan komputer serta aktivitas fisik lainnya yang tergantikan dengan kemudahan teknologi canggih.

Perlu diketahui bahwa tubuh harus bergerak terus sebelum jadwal istirahat datang, jika gerak pada tubuh tidak stabil dan maksimal, maka akan berdampak pada sistem kekebalan pada tubuh yang pada akhirnya akan menjadi ladang penyakit salah satunya yaitu penumpukan lemak.

Sebagai solusi atas hal tersebut bisa dilakukan dengan berolahraga secara rutin. Lakukan olahraga tersebut disela-sela jam istirahat atau pada waktu libur dari bekerja. Jika olahraga Anda lakukan secara rutin dan teratur walau aktivitas gerak Anda tidak maksimal, maka dengan olahraga teratur dan rutin tersebut akan menggantikan posisi gerak tubuh yang kurang. Jadi, jangan lupa olahraga ya !

6. Faktor Keturunan
Diabetes juga dapat disebabkan karena faktor keturunan atau genetika. Biasanya jika ada anggota keluarga yang menderita diabetes, maka kemungkinan besar anaknya juga menderita penyakit yang sama. Para ahli diabetes telah sepakat menentukan persentase kemungkinan terjadinya diabetes karena keturunan. Jika kedua orang tuanya (bapak dan ibu) menderita diabetes, maka kemungkinan anaknya menderita penyakit diabetes yaitu 83%. Jika salah satu orang tuanya (bapak atau ibu) adalah penderita diabetes, maka kemungkinan anaknya menderita penyakit diabetes yaitu 53%. Sedangkan jika kedua orang tuanya normal/tidak menderita diabetes, maka kemungkinan anaknya menderita penyakit diabetes yaitu 15%.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes, yaitu : pola makan yang salah, gaya hidup yang kurang sehat, umur, dan kelainan genetik. Sedapat mungkin kita harus mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memicu terjadinya diabetes.

7. Nomor tujuh nya mana ni……. !


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »
Copyright © 2012 7Top Ranking - All Rights Reserved