7Top Ranking
Jasa Review

7 Gejala dan Tanda Paru-Paru Anda sedang Bermasalah



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, Terima Kasih
Paru-paru sangat berperan penting dalam menjaga setiap organ tubuh. Paru-paru bekerja setiap detik disaat manusia bernafas. Ketika bernafas, paru-paru yang sehat akan menyerap oksigen dan menyebarkannya ke aliran darah, kemudian membawa oksigen ke dalam organ dan sel di seluruh tubuh. Ketika anda bernafas, Paru-paru yang sehat akan membuang karbon dioksida.

Akan tetapi, ternyata banyak orang di seluruh dunia mengalami masalah paru-paru. Menurut American Lung Association, lebih dari 11 juta orang amerika telah didiagnosis menderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang masuk dalam kategori kelompok paru-paru dengan tanda sulitnya udara kosong keluar dari paru-paru karena saluran udara yang menyempit, mungkin bisa dikatakan efek sesak nafas.
Paru-paru
Selain dari PPOK, ada beberapa penyakit lain yang muncul yaitu asma, bronkotis, tuberculosis, emfisema dan fibrosis kistik. Selain itu, penderita paru-paru juga bisa disebabkan pada orang yang merokok, mantan perokok, mendapat infeksi dan paparan alergen akibat hewan peliharaan dan tungau debu, terpapar asap rokok, polusi udara serta hal-hal yang lain.

Agar paru-paru tetap sehat, maka anda harus sadar akan tanda-tanda kemunculannya yang terindikasi dalam beberapa jenis. Mencegah dan menjaga sejak dini dari kerusakan para serta resiko penyakit paru-paru kronis sampai menimbulkan kanker paru-paru adalah langkah yang tepat yang harus anda lakukan sekarang juga. Salah satu pencegahannya adalah dengan mengetahui apa saja tanda-tanda yang menunjukkan terjadinya masalah pada paru-paru. Maka dari itu, berikut akan dijelaskan secara rinci tentang 5 tanda paru-paru bermasalah, check it out !

1. Batuk terus menerus
Sebenarnya batuk itu berfungsi untuk melindungi saluran pernapasan dari iritasi inhalasi serta membantu mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan. Namun, jika batuk terjadi terus menerus, maka bisa dikategorikan sebagai batuk kronis sehingga dapat dipastika ada yang tidak beres pada paru-paru.

Batuk terus menerus ini juga bisa membuat penderitanya mengalami nyeri pada dada yang kemudian akan meluas ke area bahu dan lengan. Jika batuk terjadi terus menerus dan tidak berhenti walaupun sudah minum obat, maka segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter spesialis sebagai antisipasi kepada hal-hal yang berbahaya.

2. Sesak napas
Sesak napas juga menjadi tanda yang jelas jika ada masalah pada paru-paru anda. sulit bernapas tentunya akan membuat anda susah, apalagi kesulitan itu akan bertambah ketika anda beraktivitas. Jika anda mengalami hal ini, maka jangan abaikan hal itu. Segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih mendalam.

Bagi anda yang belum pernah mengalami hal ini, maka wajib untuk menjaganya agar hal itu tidak terjadi pada anda juga. Cara menjaga paru-paru dari sesak napas bisa anda lakukan dengan rutin berolahraga, latihan pernapasan serta banyak minum air putih.

3. Peningkatan jumlah lendir
Umumnya ketika seseorang batuk akan diserta dengan adanya lendir atau dahak, sebagaimana yang telah diterangkan di atas bahwa lendir berfungsi untuk menjaga paru-paru dari serangan kuman, kotoran, serbuk, debu, bakteri dan lainnya.

Akan tetapi, apa jadinya jika jumlah lendir terlalu banyak, maka ini merupakan tanda bahwa paru-paru anda bermasalah. Perubahan warna, ketebalan dan bau pada lendir juga menjadi pertanda bahwa produksi lendir tidak normal lagi dan itu menjadi masalah pada paru-paru. Jika anda mengalami masalah seperti ini dan hal itu berlangsung cukup lama, maka segera temui dokter spesialis untuk mengetahui masalah pada paru-paru anda yang sesungguhnya.

4. Mengi terus-menerus alias Bengek
Suara bernada ngi,..ngi,,,ngi begitu terdengar ketika bernapas, ini bisa disebut dengan bengek. Jika anda mengalami hal ini, maka segera periksaan keadaan anda sebab itu adalah salah satu tanda bahwa paru-paru anda sedang bermasalah. Banyak tanda penyakit yang menjadi gejalanya jika napas bengek, diantaranya gelaja asma, kanker dan lainnya. Untuk memastikannya sebaiknya lakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis.

5. Sakit kepala pada pagi hari
Apabila anda tiba-tiba bangun pagi kemudian sering mengalami pusing atau sakit kepala, maka anda perlu memeriksakan masalah anda itu ke dokter, karena bisa jadi hal tersebut menjadi pertanda paru-paru anda bermasalah.

6. Kelelahan
Merasa letih atau terlalu lelah bahkan setelah tidur nyenyak ada tanda yang salah, maka ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda. Gejala seperti itu bisa mengindikasikan masalah paru. Bila paru-paru Anda tidak bekerja dengan benar, Anda mungkin merasa mudah lelah daripada sebelumnya. Juga, Anda sepertinya tidak mendapatkan kembali kekuatan Anda, bahkan saat mengikuti gaya hidup sehat. Jika paru-paru Anda tidak memberikan cukup oksigen ke tubuh Anda, sistem tubuh lainnya juga mulai menderita dan semua ini dapat mengurangi tingkat energi Anda.

7. Masalah Tidur
Jika Anda merasa sulit tidur di tempat tidur karena pernapasan bermasalah atau tidur di kursi lebih nyaman, maka ada kaitannya dengan paru-paru Anda.

Berbaring di tempat tidur bisa membuat paru-paru Anda bekerja lebih keras. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Selain itu, batuk pada malam hari bisa mengganggu tidur nyenyak. Jika Anda bangun terus dan tidak nyenyak tidur sepanjang malam karena batuk, segera bicarakan hal itu dengan dokter.

Perlu diingat:
Sebelum paru-paru anda bermasalah maka sebaiknya lakukan langkah awal yaitu dengan menjaga serta memperhatikan kesehatan paru-paru anda supaya tidak terjadi sesuatu yang berbahaya. Sebelum paru-paru anda bermasalah, sebaiknya ketahui bagaimana cara menjaganya, silahkan baca Tips Menjaga kesehatan Paru-Paru dengan Mudah dan alami. Semoga bermanfaat, terima kasih !


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »
Copyright © 2012 7Top Ranking - All Rights Reserved