7Top Ranking
Jasa Review

7 Langkah Sederhana Membuat Blog di Wordpress dengan Tutorial yang lengkap



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, Terima Kasih
Wordpress merupakan salah satu platform paling populer digunakan. Banyak kelebihan platform wordpress ini, salah satunya adalah dari sisi SEO yang sistematis. Selain itu, bagi anda yang berkeinginan untuk membuat toko online, maka platform wordpress adalah platform yang direkomondasikan untuk anda.
blog, wordpress
Membuat blog sepertinya mudah ya!, namun tahukah anda ketika anda mengenal wordpress, maka anda akan menyadari bahwa membuat blog ternyata tidak semudah yang dibayangkan, inilah yang terjadi pada saya ketika membuat blog khususnya blog wordpress.

Walaupun ketika saya berpusing ria dalam membuat blog di wordpress, tetapi pada akhirnya saya berhasil juga, bahkan dengan sedikit perjuangan yang menguras pikiran dan tenaga, saya sudah mampu menawarkan jasa untuk membuat situs toko online menggunakan wordpress.

Jika anda mempelajari blog di wordpress perlahan-lahan dengan mengikuti dan memahami langkah-langkahnya dengan benar, maka anda tidak lagi mengadapi kesulitan untuk memulainya.

Membuat blog dengan Wordpress self-Hosted
Salah satu kelebihan wordpress adalah menyediakan open-source yang bisa anda unduh melalui wordpress org, dari situ anda akan menemukan tema, plugin, dokumentasi, forum dan blog developer. Selain wordpress.org, anda juga bisa menggunakan wordpress.com. berbeda dengan wordpress.org, wordpress.com menawarkan fitur otomatis dan gratis untuk anda yang ingin membuat blog, namun perlu diingat, gratis dengan syarat dan ketentuan yang harus anda patuhi, termasuk kepemilikan domain. Anda hanya bisa mempunyai subdomain dari domain wordpress.com seperti www.namaanda.wordpress.com. Sedangkan bagi anda yang serius membangun sebuah blog/website dengan kepemilikian domain pribadi dan mendapat kontrol yang penuh, sebaiknya gunakan wordpress self-hosted.

Untuk membuat blog wordpress self-hosted anda memerlukan kepemilikan domain dan hosting, untuk itu sebaiknya anda memesan terlebih dahulu ke pihak penyedia hosting dan domain murah. Bagi anda yang bingung mencarinya, maka anda bisa memesan paket hosting sekaligus gratis domain melalui salah satu penyedia hosting murah dan terbesar di Indonesia yaitu hostinger.

Panduan Cara Membuat Blog di Wordpress
Sekarang Anda sudah memilih platform WordPress, membuat domain dan akun hosting, dan siap untuk membuat website. Pada tutorial kali ini, anda akan dipandu dari awal hingga akhir tentang langkah-langkah dalam membuat website dari awal hingga selesai. Berikut 7 Langkah Sederhana Membuat Blog di Wordpress dengan Tutorial yang lengkap, check it out !

1. Install WordPress di Paket Hosting Anda
Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah menginstall wordpress di paket hosting anda. umumnya ada akan diberikan menu yang mengarah pada akses melalui cPanel atau dashboard. Untuk melalukan instalasi, silahkan masuk ke dashboard/cPanel, kemudian buka Website > auto installer.

Setelah itu, silahkan temukan opsi wordpress (simbol wordpress) atau gunakan kolom pencarian untuk menemukan aplikasinya. Silahkan isi data yang diminta untuk mengisi formulir, kemudian klik tombol install untuk memulai proses instalasi.

Proses instalasi di atas merupakan sistem auto installer, bagi anda yang ingin menginstalasi secara manual, maka anda bisa melalukannya dengan:
  • Mengunduh wordpress
  • Membuat database dan pengguna database serta memberikan hak akses penuh terhadap akun hosting anda
  • Upload file wordpress yang sudah diekstrak ke akun hosting
  • Jalankan script instalasi wordpress dan ikuti permintaan wordpress
2. Buat Pengaturan Standar WordPress
Tahap kedua adalah membuat pengaturan standar. Banyak pengaturan standar dari wordpress yang bisa anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk menuju ke pengaturan, silahkan buka menu setting > general. Setelah itu, silahkan setting data yang ingin anda sesuaikan.

3. Memilih tema
Setelah setting telah anda atur, langkah selanjutnya adalah pemilihan tema. Untuk pilihan tema bebas, namun Sebaiknya anda memilih tema yang sesuai dengan blog/website yang anda buat, misalnya blog anda tentang toko online, maka pilihlah tema yang cocok untuk toko online. Jika tema yang tersedia tidak ada secara gratis, maka anda bisa membelinya pada situs yang menyediakan berbagai tema berkelas premium (berbayar).

4. Instal Plugin WordPress yang Diperlukan
Plugin adalah fitur yang harus diinstal, tujuan plugin adalah untuk meningkatkan kinerja wordpress supaya lebih baik dan lancar. Pada umumnya, plugin yang direkomondasikan sifatnya open-source alias gratis, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli dan menginstal plugin-plugin yang penting pada blog/website anda. adapun beberapa plugin yang penting untuk anda instal adalah:
  • Jetpack plugin untuk mengamankan situs, membagikan konten otomatis masih banyak lagi.
  • Yoast SEO pluing paling populer, bertujuan untuk menaikkan peringkat di Google.
  • Akismet merupakan plugin berfungsi untuk menghapus komentar spam
  • Wordfence Security, berfungsi untuk mengamankan situs dari pengguna lain yang ingin mencoba login ke situ anda
  • UpdraftPlus plugin yang dapat mengback up situs anda jika terjadi kesalahan.
5. Tulis dan Terbitkan Post Pertama
Pada tahap ini anda sudah bisa menerbitkan artikel pertama anda, bisa dengan menuliskan biodata, kontak pribadi, riwayat atau artikel yang lain.

6. Mengcustom web untuk pengunjung
Anda bisa merubah logo, membuat antarmuka web anda, background sampai warna-warna pada blog anda demi memanjakan mata pengunjung. Walaupun hal ini tidak begitu berpengaruh, namun tingkat kredibilats web anda akan semakin tinggi jika web/blog anda tercustom dengan baik dan menarik.

7. Rencanakan Perkembangan situs anda
Nah, setelah web/blog anda sudah beres, langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan ke depan untuk blog/web anda. Jika anda ingin serius dan berhasil, sebaiknya lakukan perencanaan dengan manajemen yang baik sehingga blog/web yang anda buat tidak sia-sia.

Masih Belum paham!
Saya yakin dengan tutorial di atas anda sudah bisa membuat blog/website di wordpress, namun bagi yang masih meraba bahkan belum begitu mengerti secara total, silahkan baca artikel yang berjudul >>Tutorial membuat blog di Wordpress.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »
Copyright © 2012 7Top Ranking - All Rights Reserved