7Top Ranking
Jasa Review

7 Cara Mudah Cek Kolesterol melalui Kaki kamu, Waspada nomor 5 !


Perlu diingat bahwa artikel ini bukan rujukan yang dapat memastikan jika kamu benar-benar terkena kolesterol, akan tetapi sebagaimana yang dilansir dari harian Winnetnews.com yang dikutip dari situs Terwujud.com dinyatakan bahwa kita bisa mendeteksi tanda-tanda kolesterol tersebut lewat tubuh seperti tanda dari kaki kita.

Kolesterol pada intinya merupakan penyakit yang bisa menyerang semua bagian tubuh yang mempunyai pembuluh darah, bahkan kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah pada jantung serta bisa mempengaruhi kaki.
Kolesterol
Direktur Terapi di Montefiore Medical Centre berpendapat bahwa sekurangnya ada 12 juta orang di Amerika memiliki penyakit kolesterol yang menyerang bagian kaki. Apa saja tanda-tandanya, berikut 7 Cara Mudah Cek Kolesterol melalui Kaki versi 7Top Ranking.

1. Rasa Nyeri pada Kaki
Jika kamu mengalami hal ini, bisa jadi itu pertanda kamu sedang terkena kolesterol. Gejala ini secara umum disebut klaudikasi, merupakan rasa nyeri pada kaki yang diakibatkan arteri tersumbat sehingga tidak dapat menghantarkan cukup darah ke kaki guna menstabilkan tenaga. Apabila kamu mengalami rasa seperti ini, maka kaki kamu akan terasa berat, lelah atau sakit seperti terbakar.

Rasa sakit yang akan kamu rasakan bisa terjadi di bagian kaki manapun mulai dari betis, paha dan bokong. Rasa sakit itu akan terasa ketika kamu berjalan dalam jarak tertentu dan terjadi lagi saat berjalan pada jarak yang sama.

2. Kram pada malam hari
Ketika tidur, kamu pasti pernah mengalami kram atau kejang di bagian tumit atau kaki depan. Menurut Darren Schneider, MD, Direktur Pusat Bedah Vaskular dan Endovaskular di Rumah Sakit Presbyterian New York / Weill Cornell Medical Center menyatakan bahwa rasa sakit pada kaki bisa dihilangkan dengan menjuntaikan kaki dari tempat tidur atau bisa dengan duduk di kursi. Cara ini bertujuan untuk mengalirkan darah turun ke kaki.

3. Perubahan pada kulit dan kuku
Ternyata kolesterol itu menghalangi kaki untuk menerima aliran darah atau makanan dengan normal, akibatnya pertumbuhan rambut pada kaki akan menjadi lambat, selain itu perubahan pada kulit dan kuku disebabkan karena kulit kaki mengencang dan kuku kaki menebal serta tumbuh lebih lambat.

4. Perubahan kulit yang tidak biasa
Coba kamu perhatikan kaki kamu, apakah ada perubahan warna yang tidak biasa. Kaki mungkin berwarna putih disebabkan aliran darah terganggu, kemudian saat kaki digantung dari meja dapat berubah warna kemerahan atau keunguan. Nah, untuk kasus seperti ini terdapat pada beberapa orang yang mengalami penyakit jenis ini, kaki mereka akan berwarna pucat atau kebiruan saat mereka duduk, hal itu terjadi karena kurangnya sirkulasi darah.
Baca juga: 7 Gejala Penyakit Kanker yang perlu Kamu ketahui !
5. Timbulnya Disfungsi ereksi
Sebagaimana dikutip dari www.sehatki.com menerangkan bahwa Sebagian dokter yang tergabung dalam Badan Kesehatan Dunia (WHO) berpendapat bahwa Disfungsi ereksi atau impotensi merupakan gangguan ereksi yang terjadi selama minimal 3 bulan, artinya jika disfungsi ereksi kurang dari 3 bulan, maka belum bisa dinyatakan disfungsi ereksi.

Perlu kamu ketahui bahwa kejadian disfungsi ereksi ini tidak terjadi secara umum, namun gangguan kolesterol pada kaki bisa menyebabkan disfungsi ereksi, oleh karena itu cegah kolesterol sebelum membuat kamu impotensi.

6. Pengurangan otot betis
Mereka yang mempunyai kolesterol tinggi beresiko mengalami pengurangan otot betis atau atrofi. Penyebab utama hal itu terjadi karena kurangnya aliran darah yang menyebabkan penurunan pada jumlah dan ukuran serat otot, maka dengan penyakit ini kamu bisa kehilangan lebih dari separuh serat otot.
Baca: 7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Anda Terlihat Tua
7. Luka yang tidak sembuh
Bukan saja penyakit diabetes yang menyebabkan luka tak kunjung sembuh, ternyata kolesterol juga berperan besar dalam hal itu. Umumnya mereka yang terkena dampak kolesterol menunjukkan warna coklat atau hitam pada bagian kaki dan diiringi dengan rasa sakit secara berulang/sering. Maka dari itu, jika tanda kolesterol datang, segera cegah dan obati.

Mudah-mudahan artikel di atas menyadarkan kita betapa pentingnya kesehatan, sebab itulah penting sekali bagi kita untuk selalu memperhatikan kesehatan, salah satunya dengan melihat tanda-tanda adanya gejala kolesterol melalui kaki.

Sumber Bacaan:
  • health.liputan6.com
  • https://www.winnetnews.com

NB: Jika artikel ini bermanfaat, mohon dishare ya, jika tidak segera berikan kritik dan saran yang membangun. Jangan lupa Likenya ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 7Top Ranking - All Rights Reserved