7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Tips Berbuka Puasa yang Sehat dan Islami untuk Anda


Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ketika aktivitas puasa kita jalani di siang hari, maka kita tidak boleh makan dan minum sampai tiba waktu berbuka puasa (adzan maghrib atau sesuai dengan jadwal imsyakiyah).
Berbuka Puasa
Namun, tahukah anda jika ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak berbuka puasa, ingat..! jangan asal makan dan minum, sebab jika salah atau sembarangan, bukan hal yang tidak mungkin kita akan sakit atau saat hendak berpuasa ke-esokan harinya, tubuh cepat haus dan lemas. Oleh karena itu, berikut 7 Tips Berbuka Puasa yang Sehat dan Islami untuk Anda versi 7Top Ranking.

1. Bacalah Doa Terlebih dahulu
Nah, sebelum berbuka puasa, sebaiknya kita membaca doa terlebih dahulu. Membaca doa merupakan hal utama dalam segala hal, sebab dengan berdoa berarti kita meminta agar apa yang kita makan dan minum mendapat Ridha dari Allah swt semoga hal itu menjadi berkah dan sehat untuk kita.

2. Segera Untuk Berbuka
Sunnah hukumnya jika kita menyegerakan untuk berbuka puasa jika waktu berbuka sudah tiba. Jangan menunggu lama untuk berbuka jika sudah datang waktunya, sebab itu adalah anjuran Rasulullah saw.

3. Minum Air Putih (Hangat atau biasa)
Menjadi kebiasaan yang tidak lepas jika saat berbuka puasa selalu ada “ES” sebagai penyegar, namun tahukah anda jika ketika hendak berbuka puasa, Es merupakan hal yang sangat tidak dianjurkan.

Jika ES tidak bisa anda tinggalkan, sebaiknya minumlah terlebih dahulu air putih yang hangat atau biasa, kemudian tunggulah setelah shalat maghrib, barulah anda bisa minum air atau apapun itu yang dicampur dengan ES (namun sebaiknya anda tinggalkan).

4. Konsumsi Makanan yang lembut dan manis alami
Saat hendak mengkonsumsi saat pertama kali berbuka, usahakan mengkonsumsi makanan yang lembut dan manis secara alami seperti kurma. Makanan lembut sangat baik untuk lambung ditubuh yang telah diistirahatkan 1 harian, jadi jika makanan itu termasuk makanan yang lembut, tentunya lambung di tubuh anda tidak akan terkejut. Selain itu, makanan yang manis berfungsi untuk mengembalikan kalori dalam tubuh yang banyak terkuras saat anda berpuasa. Sebaiknya, saat anda ingin berbuka, maka konsumsilah seperti:
  • Buah
  • Kurma
  • Air putih dan
  • Makanan yang mengandung serat
5. Jangan makan terlalu berlebihan
Secara tidak sadar, mungkin karena terlalu haus dan lapar, banyak dari mereka yang makan dan minum tanpa henti sehingga perut menjadi penuh. Hal ini sangat tidak dianjurkan. Ketika awal berbuka puasa, isilah perut anda tidak lebih dari 1/3 air, udara dan makanan. Nah, untuk makan jenis makanan berat seperti nasi dan lainnya, sebaiknya dilakukan setelah shalat maghrib.

6. Konsumsi makanan yang mengandung Protein, Karbohidrat dan Serat
Anda harus teliti untuk memperhatikan santapan anda ketika hendak makan dan minum saat berbuka puasa dan setelahnya. Usahakan untuk memadukan 3 hal di atas. Makanan yang baik bisa anda konsumsi jika terdiri dari Protein, Karbohidrat dan Serat.

7. Jagalah Jarak Makan dan Minum Anda
Jagalah jeda waktu ketika berbuka puasa, jangan saat berbuka perut anda penuh dengan makanan, hal itu bukannya baik malah akan menghambat tubuh untuk Ibadah, gimana bro, kalau dah kekenyangan tentunya bangkit pun susah, gimana shalat tarawehnya :D

^^ Mungkin ini saja 7 Tips Berbuka Puasa yang Sehat dan Islami untuk Anda yang dapat saya jelaskan, semoga dengan menjalankan tips di atas, mudah-mudahan puasa kita bermanfaat baik dari hal jasmani dan rohani. Selamat berpuasa !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis