7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Cara Membuat Surat Lamaran yang Benar


7 Cara Membuat Surat Lamaran yang Benar~Pekerjaan merupakan salah satu bagian kehidupan yang tidak akan terlepas dari sisi kebiasaan manusia sebagai penyambung ekosistem kehidupan di dunia ini. Terkait dengan pekerjaan tidak akan terlepas dari namanya surat lamaran, sebab jika anda belum mempunyai pekerjaan, tentu anda akan membuat proposal atau istilah umumnya disebut surat lamaran.
Surat Lamaran
Sebenarnya banyak sekali faktor penyebab lamaran anda ditolak, hal itu terlihat dari:
  • Lowongan sudah tutup
  • Karyawan yang dibutuhkan sudah cukup
  • Spesifikasi keahlian tidak tepat untuk anda
  • Persaingan yang cukup ketat
  • Kesalahan membuat lamaran
Dari 5 poin di atas, perlu diperhatikan juga tentang kesalahan dalam membuat surat lamaran, baik dari sisi penulisan, ejaan, cara penyampaian dan arah tujuannya. Lalu bagaimana cara agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali? Berikut penjelasan tentang 7 Cara Membuat Surat Lamaran yang Benar versi 7Top Ranking yang dikutip dari www.terwujud.com:

1. Ketahui Spesifikasi Tempat Lamaran
Kesalahan yang cukup fatal adalah ketidaktahuan pelamar saat membuat tujuan lamarannya. Untuk keluar dari permasalahan tersebut, sebaiknya ketahui dahulu tempat yang akan anda tuju baik dari sisi alamat, tempat, kebutuhan, lowongan dan lain sebagainya.

2. Kuatkan dengan Informasi pekerjaan
Jika anda menemukan informasi tentang lowongan pekerjaan, maka berikan tanda bukti info tersebut. Hal ini menjadi penguat jika perusahaan tersebut benar-benar mencari karyawan baru, sehingga dengan demikian lamaran anda bisa 75% diterima.

3. Informasi Data yang lengkap
Berikan format tersendiri untuk menjelaskan tentang data anda secara lengkap, baik dari sisi riwayat hidup, pengalaman hingga keahlian yang anda punya. Hal ini akan mempermudah penerima lamaran untuk mengklasifikasikan anda untuk ditempatkan ke bagian yang sesuai dengan keahlian anda tersebut.

4. Bahasa baku dan resmi
Untuk membuat lamaran perlu menggunakan bahasa yang baku dan formal. Buatlah lamaran anda dengan bahasa serta penjelasan yang baik dan benar sesuai dengan EYD atau tata bahasa yang standar.

5. Gunakan penjelasan yang singkat, tepat, padat dan mudah dimengerti
Jangan terlalu banyak menjelaskan atau membuat isi dari lamaran anda, buatlah sesuai dengan kebutuhan dan pejelasan yang tepat, padat, singkat dan mudah dipahami. Hindari penggunakan kata atau kalimat yang bertele-tele dan membuat kepala puyeng untuk memahaminya.

6. Periksa kembali tulisan anda
Jangan menganggap bahwa tulisan lamaran anda sudah benar, coba periksa kembali mana tahu ada salah pengetikan, kurangnya huruf atau apalah itu. Walaupun sepele, tapi hal ini terkadang menjadi tolak ukur bagi perusahaan tempat anda melamar, bisa saja dari sisi psikologi, kedisiplinan, ketelitian atau hal-hal yang lain yang bisa dinilai dari sisi tulisan dan penjelasan anda.

7. Berdoa
Langkah terakhir adalah berdoa kepada Allah swt (Tuhan sang Pencipta). Apapun dan bagaimanapun, kalau Tuhan mengijinkan anda bekerja di perusahaan tersebut, anda akan dipanggil dan langsung diterima. Maka dari itu, dalam melakukan hal apapun, jangan lupa meminta ijin kepada Allah swt, sebab itulah kunci keberhasilan.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis