7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Cara Mengobati Penyakit Kurap Secara Alami


Kurap merupakan jenis penyakit kulit yang umum terjadi setiap orang khususnya di daerah dengan suhu kelembaban tinggi. Walaupun kurap tidak termasuk pada penyakit berbahaya, namun jika sudah kambuh, aduhhh! nikmatnya luar binasa jika digaruk, selesai itu barulah anda rasakan efek sampingnya dengan mengeluh karena rasa penih akibat garukan tadi.

Cara-Penyakit-Kurap

Menurut ilmu kesehatan, kurap terjadi karena adanya infeksi jamur kulit atau disebut dermatophytesdapa yang menyerang manusia serta hewan. Penyakit kurap bisa menular melalui pakaian, handuk, sabun dan celana dari penderita kurap, selain itu ternyata kurap juga bisa ditularkan melalui hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

A. Karakteristik dan Gejala Kurap
Penyakit kulit yang satu ini bisa ditandai dengan adanya kulit yang membentuk bulatan kecil-kecil, timbul dengan warna merah muda serta sering membentuk lingkaran.

Gejala yang timbul adalah rasa gatal dengan tingkat bervariasi, mulai dari gatal-gatal biasa, sedang sampai gatal yang tidak terhingga yang mengharuskan penderitanya menikmati garukan demi garukan sampai rasa gatal itu hilang (wawwww). Rasa gatal biasanya muncul akibat suhu yang panas diiringi kelembaban sehingga menimbulkan efek basah pada daerah tubuh yang tertutup (biasanya selangkangan, daerah dubur dan lainnya).

B. Cara menghindari Kurap
Menghindari datangnya tamu tidak diundang ini tentu harus kita lakukan, sebab jika dia sudah datang maka anda memang harus benar-benar pasrah untuk diganggunya heehee. Bagaimana sih cara menghindari serangan penyakit kurap, berikut penjelasannya:

1. Bersih, sehat dan wangi
Nah,..budaya bersih tidak saja menjadi anjuran agama Islam, namun dari sisi kesehatan ternyata kebersihan memang pangkal kesehatan. Sementara yang namanya kurap senang dengan yang kotor-kotor, jorok dan berbau, oleh karena itu maksimalkan seluruh jasmani anda untuk selalu bersih, baik dari sisi makanan, pakaian maupun tempat.

2. Pakaian kering dan bersih
Pakaialah pakaian yang kering dan bersih, jangan yan glembab, sebab kelembaban pada pakaian yang anda gunakan bisa mengundang datangnya jamur yang menyebabkan gatal-gatal atau alrge pada tubuh dan bisa menajdi kurap. Gantilah pakaian anda minimal 1 hari sekali, tetapi khusus pakaian dalam kalau bisa usahakan menggantinya 3 kali sehari (minimal).

C. Cara alami mengobati penyakit Kurap
Anda bisa mengobati kurap menggunakan obat berupa pil atau salep khusus untuk kurap, kadas dan panu. Namun jika anda memilih cara alami, berikut akan saya jelaskan secara rinci.

1. Menggunakan Lengkuas
Lengkuas diketahui mampu mengobati dan menghilangkan penyakit kulit seperti kurap, kadas, kutu air dan panu. Adapun cara pengolahan dan pemakaiannya yaitu:
  • Ambil lengkuas secukupnya
  • Kupas kulitnya kemudian gosokkan pada kulit yang terkena kurap
  • Bisa juga anda parut kemudian melumurinya ke bagian yang ada kurapnya
2. Pakai Daun sirih
Daun siri juga mampu dan telah berhasil mengusir penyakit kurap, adapun cara penggunaannya hampir sama dengan lengkuas tadi yaitu:
  • Ambil daun siri secukupnya
  • Haluskan daun sirih tadi
  • Oleskan pada daerah yang terkena kurap
  • Lakukan sampai kurap dan rasa gatal hilang total
3. Menggunakan Bawang putih
Terus terang saya baru tahu kalau bawang putih mampu menghilangkan kurap, tetapi setelah saya banyak engunjungi sumber maka dapat dipastikan bahwa bawang putih memang mampu mengusir penyakit kurap dengan maksimal. Mengapa bawang putih mampu menghancurleburkan kurap?jawabnya karena kandungan bawang putih terdapat senyawa sulfur yang memiliki sedikit kesamaan pada belerang. Cara penggunaanya yaitu:
  • Siapkan siung bawang putih secukupnya
  • Kemudian tumbuk hingga halus
  • Oleskan secara merata pada bagian yang terkena kurap
  • Diamkan hingga setengah jam atau lebih
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan secara rutin 2 kali sehari sampai kurapnya menghilang
4. Pakai Belerang
Siapa yang tidak kenal dengan belerang, dari dulu memang belerang terkenal sebagai bahan yang mampu mengusir segala bentuk penyakit dengan gejala gatal-gatal. Untuk penggunaannya anda cukup melakukan:
  • Beli belerang cair di toko obat
  • Oleskan cairan tersebut pada daerah penyakit kurap
  • Diamkan hingga mengering
  • Kemudian bilas dengan air bersih
  • Lakukan secara teratur
5. Pengobatan Tradisional Dengan Lengkuas dan Bawang putih
Bahan-bahan :
- 4 batang Lengkuas
- 1 Siung bawang putih.
- Air Cuka

Cara pemakaian :
  • Tumbuk lengkuas dan bawang putih dengan perbandingan 1:4.
  • Tambahkan beberapa tetes cuka.
  • Setelah semua tercampur, oleskan ramuan tersebut di daerah kulit yang terkena kurap. lakukan ini secara rutin hingga sembuh. Biasanya waktu penyembuhan bisa memakan waktu 5-7 hari. cukup ampuh bukan?
6. Kunyit dan kapur sirih
Bahan-bahan :
- Kunyit sebesar ibu jari.
- Kapur Sirih secukupnya.

Cara Pemakaian :
- Kunyit di parut hingga halus.
- setelah halus campurkan dengan kapur sirih.
- Kemudian oleskan pada kurap.
- lakukan ini 2 kali hari setelah mandi.

7. Tembakau
bahan-bahan :
- Daun Tembakau secukupnya.

Cara Pemakaian :
- Daun ditumbuk halus.
- Kemudian oleskan di kulit yang terkena kurap.
- lakukan rutin 2 kali sehari hingga satu minggu.

Saran
Sebelum melakukan pengobatan, usahakan untuk membersihkan dahulu kulit yang terkena kurap dengan air hangat.

^^Demikianlah informasi tentang 7 Cara Mengobati Penyakit Kurap Secara Alami, pilihlah salah satu tips dan langkah alami yang mudah anda lakukan guna mengantisipasi bahkan mengusir jauh-jauh penyakit kurap yang menyerang anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis