7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Sebab Batuk Berdahak dan Batuk Kering


Salah satu penyebab terjadinya batuk berdahak karena adanya peradangan atau inflamasi pada pernafasan. Tetapi peradangan pernafasan juga bisa memicu timbulnya batuk kering atau sering disebut dengan batuk tidak berdahak. Secara umum, batuk berdahak disebabkan adanya saluran pernafasan bagian atas yang bermasalah, sedangkan pada batuk tidak berdahak terjadi akibat adanya infeksi pada paru-paru.

Batuk-berdahak-kering
7 Sebab Batuk Berdahak dan Batuk Kering (Tidak Berdahak) merupakan penyakit yang amat mengganggu, sebab rutinitas batuk tidak bisa dihindarkan jika penyakit ini kambuh, maka dari itu kenali sedini mungkin apa saya penyebab terjadinya batuk berdahak dan tidak berdahak.


A. Penyebab Batuk Berdahak

1. Inflamasi (Peradangan) Pernafasan
Inflamasi atau peradangan pada pernafasan merupakan penyebab terjadinya batuk berdahak dan bisa juga menyebabkan batuk tidak berdahak, akan tetapi secara umum radang inflamasi ini sering menimbulkan batuk berdahak.

2. Asap Rokok, Kendaraan dan Polusi Udara
Batuk berdahak juga bisa timbul karena pengaruh luar seperti asap rokok, polusi udara dan asap kendaraan. Cara efektif menghindarinya adalah dengan menggunakan masker ketika saat dalam perjalanan.

3. Infeksi pada saluran pernafasan
Penyebab ketiga timbulnya batuk berdahak adalah ditandai dengan adanya infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri jahat dan virus.

4. Asam lambung naik
Meningkatnya asam lambung juga menjadi pemicu datangnya batuk berdahak, walaupun kasus yang seperti ini jarang muncul, namun asam lambung yang bermasalah juga bisa menyebabkan penyakit tersebut timbul. Jenis batuk ini merupakan gejala dari penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau naiknya asam lambung sampai ke tenggorokan sehingga merangsang batuk.

5. Flu dan virus
Flu yang terlalu lama dan berlebihan merupakan penyebab timbulnya batuk berdahak yang sering terjadi pada penderitanya, anjuran bagi mereka yang sedang mengalami flu adalah dengan menjaga suhu tubuh untuk selalu hangat.

Flu yang terlalu lama dan tidak diobati bisa menimbulkan terjadinya virus, jika ini terjadi maka penderita akan mengalami flu yang berkepanjangan dan sering mengalami batuk berdahak. Batuk berdahak ini terjadi karena dipicu oleh lendir yang mengalir dari hidung ke bagian belakang tenggorokan.

6. Penyakit paru-paru kronis
Batuk berdahak bisa menjadi tanda bahwa penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) semakin buruk atau bahwa sedang terjadi infeksi.

7. Nasal discharge (postnasal drip)
Biasanya terjadi pada pasien sinusitis dimana cairan kental dari sinus mengalir ke tenggorokan paling sering terasa pada pagi hari ketika bangun tidur. Hal ini dapat menyebabkan batuk berdahak atau perasaan bahwa Anda terus-menerus perlu untuk membersihkan tenggorokan.


B. Penyebab Batuk Kering tidak Berdahak

1. Penyakit Serius atau berbahaya
Batuk kering bisa juga disebabkan oleh penyakit yang amat berbahaya seperti radang paru-paru, kanker dan penyakit lainnya.

2. Infeksi pernafasan
Penderita infeksi saluran pernafasan biasanya akan mengalami batuk kering tidak berdahak. Batuk tidak berdahak ini akan berlangsung kurang lebih selama 2 minggu, maka dari itu, sebelum penyakit ini berlanjut, sebaikanya penderita segera memeriksakannya ke dokter spesialis.

3. Efek samping obat
Obat kimiawi ternyata mempunyai efek samping yang bisa menimbulkan berbagai gangguan termasuk batuk tidak berdahak (batuk kering).

4. Reaksi Alergi
Salah satu penyebab batuk kering yang karena adanya alergi, yang menyebabkan tenggorokan gatal mata memerah atau iritasi dan menyebabkan batuk kering. Untuk menghentikan batuk karena alergi, anda harus bisa menemukan penyebab alergi terlebih dahulu, agar anda bisa mengobati batuk kering

5. Alergi
Sering mengalami bersin juga merupakan gejala yang umum terjadi karena adanya rinitis alergi. Bersin pada rinitis alergi umunya ditandai dengan datangnya batuk kering.

6. Obat Darah Tinggi
Ada obat darah tinggi yang dapat menimbulkan batuk yaitu obat golongan ACE inhibitor. Contohnya yang paling populer yaitu kaptopril (Capoten, ottoril, farmoten), enalapril maleat (Vasotec), dan lisinopril (Prinivil, Zestril, atau Zestoretic).

7. Asma
Batuk kering kronis dapat menjadi tanda asma ringan. Gejala lain mungkin menyertai termasuk mengi, sesak napas, atau perasaan sesak di dada.

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab yang menimbulkan datangnya penyakit batuk ini, baik itu batuk berdahak atau tidak berdahak (kering), namun dari penjelasan di atas merupakan penyebab umum yang memicu batuk tersebut muncul dan menggangu penderitanya. Oleh karena itu, sebelum itu terjadi sebaiknya ada pencegahan dini yang bisa anda lakukan, dan jika itu sudah terjadi, maka segera melakukan pengobatan baik secara alami maupun secara medis.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis