7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Sebab Timbulnya Penyakit Hipertiroid


7 Sebab Timbulnya Penyakit Hipertiroid ~ Hipertiroid adalah jenis penyakit yang disebabkan adanya overfungsional atau kelebihan produksi pada kelenjar tiroid, selain itu Hipertiroid umumnya berkaitan dengan keadaan klinis tirotoksikosis. Jika pada penyakit tirotoksikosis hal ini berarti bahwa hipertiroid diketahui dengan datangnya tanda-tanda akibat hormon berlebihan, misalnya badan yang terus mengalami penurunan alias kurus, jantung berdebar, mata menonjol, gemetaran, gelisah, dan sebagainya.

Menurut Tri Juli Edi Tarigan seorang ahli endokrin dari FKUI-RSCM melalui media kompas Health menyatakan bahwa peningkatan metabolisme merupakan salah atu gejala hipertiroid. Hipertiroid adalah kondisi tertentu yang terjadi kelebihan produksi dan distribusi hormon tiroid. Hal ini berbeda dengan tiroitoksikosis, walaupun ada kesamaan akan tetapi tiroitoksikosis merupakan kelebihan hormon tiroid yang tidak selalu diproduksi kelenjar tiroid. Hormon ini dapat dihasilkan oleh kelenjar lainnya yang tumbuh namun bisa juga menghasilkan tiroid. Kedua jenis ini mempunyai gejala yang sama yaitu terjadinya peningkatan kecepatan pada metabolisme tubuh.

Hipertiroid

Tri Juli Edi Tarigan juga menjelaskan bahwa sampai saat ini masih belum diketahui penyebab awal mengapa produksi dan distribusi hormon tiroid bisa berlebih, Namun ada beberapa keadaan yang bisa menyebabkan perubahan produksi maupun distribusi hormon tiroid, yaitu penyakit graves dan TMNG (Toxic Multinodular Goiter). Lalu apa saja penyebab Timbulnya penyakit Hipertiroid? Berikut penjelasan 7 Sebab Timbulnya Penyakit Hipertiroid versi 7Top Ranking.

1. Toxic Nodular Goiter
Jenis penyakit Toxic Nodular Goiter ditandai dengan adanya bentuk Benjolan pada leher akibat pembesaran tiroid yang berbentuk seperti biji padat dengan jumlah tertentu. Jumlah benjolan ini bisa satu dengan bentuk satu biji (single nodul) atau lebih dari satu(multinodular).

2. Konsumsi yodium yang berlebihan
Dalam sistem proses peleburan dalam tubuh, terjadi proses Kelenjar tiroid yang memakai yodium untuk membuat hormon tiroid, apabila mengkonsumsi yodium terlalu banyak atau berlebihan, maka hal ini akan menimbulkan penyakit hipertiroid.

3. Penyakit Graves
Graves merupakan penyakit yang menyebabkan timbulnya Hipertiroid yang sering dijumpai. Tanda-tanda dan Gejala penyakit graves terjadi karena adanya kelenjar tiroid yang membesar secara merata dan tidak adanya kemampuan untuk memberi respons terhadap kontrol dari TSH. Penyakit graves ini biasanya terjadi secara turunan dan umumnya wanita 5 kali lebih rentan terkena penyakit graves daripada pria. Penyebab graves adalah adanya penyakit autoimun, dimana terdapat antibodi yang ditemukan dalam sistem peredaran darah, yaitu thyroid peroksidase antibodies (TPO), thyroid stimulating immunogliobulin (TSI antibodies), dan TSH receptor antibodies (TRAb).

4. Tiroiditis (radang kelenjar tiroid)
tiroiditis adalah radang pada kelenjar tiroid. Tiroiditis disebabkan oleh virus, ditandai dengan demam, kelenjar tiroid yang membesar dan sakit bila kelenjar tersebut tersentuh.

5. Produksi TSH yang abnormal
Produksi TSH yang abnormal atau tidak sesuai dengan kapasitas normalnya akan menyebabkan timbulnya Tumor yang terdapat pada kelenjar hipofisis yang bisa membuat memproduksi TSH berlebihan, jika hal tersebut terjadi, maka hal inilah yang membuat rangsangan kelenjar tiroid mengeluarkan T3 dan T4 lebih banyak dari keadaan normal dan Keadaan ini datang disertai dengan adanya gangguan hormon lain yang juga diproduksi oleh hipofisis.

6. Minum obat hormon tiroid yang berlebihan
Ada juga yang periksa laboratorium dan kontrol ke dokter yang melakukannya secara tidak teratur, sehingga pasien terus minum obat tiroid, ada pula orang yang minum hormon tiroid dengan tujuan hanya unutk menurunkan berat badan hingga timbul efek samping.

7. Muncul Benjolan
Munculnya benjolan-benjolan yang tidak biasa merupakan penyebab timbulnya penyakit Hipertiroid, benjolan besar ini terjadi akibat adanya penumpukan produksi kelenjar tiroid di dalam tubuh yang tidak tersalurkan secara normal saat produksi tubuh bekerja secara sistematis.

^^ Demikianlah artikel tentang 7 Sebab Timbulnya Penyakit Hipertiroid, mengetahui dan memahami sebab-sebab timbulnya penyakit ini merupakan tindakan tepat untuk sedini mungkin mencegah bahkan menghindari penyakit tersebut. Terima Kasih!

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis