7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Dosa yang Wajib Dihindari


Dosa merupakan kesalahan-kesalahan atas pelanggaran kita tentang aturan-aturan Tuhan, kesalahan tersebut merupakan bentuk keberanian kita melawan Tuhan yang Maha Esa, maka dari kesalahan tersebut melahirkan dosa yang bila tidak diobati dengan taubat, maka akan menjerumuskan kita ke dalam neraka. Secara sengaja atau tidak sengaja, kita tetap melakukan kesalahan dan bisa mengakibatkan dosa, namun ada dosa-dosa yang sangat-sangat harus dihindari dan jangan sampai kita lakukan. Apa sih dosa-dosa tersebut?

Berikut 7 Dosa yang Wajib Dihindari
By: Ibrahim Lubis, MA

1. Dosa Syirik
Syirik
Syirik merupakan dosa nomor satu yang wajib kita hindari, sebab syirik merupakan perbuatan berani yang telah menduakan Allah swt. Jangankan Allah swt, kita saja jika diduakan akan marah besar, apalagi Allah swt yang memang Tuhan yang satu-satunya berhak disembah tanpa terkecuali.

2. Dosa Durhaka Terhadap Orang Tua
Durhaka Terhadap Orang Tua
Mengapa Durhaka Terhadap Orang Tua termasuk dalam kategori dosa yang amat besar? Jawabnya adalah wajar. Kenapa? Karena tanpa orang tua bagaimana kita bisa hidup, berkembang dan tumbuh besar. Perjuangan orang tua dalam merawat, menjaga dan membesarkan kita, tidak dapat dibalas dengan apapun kecuali dengan berbakti kepada mereka.

3. Dosa Memutuskan Tali Silaturahim
Memutuskan Tali Silaturahim
Bisakah kita hidup sendirian di dunia ini? Bisakah kita membangun rumah kita sendiri? Tentu jawabnya tidak. Maka orang yang memutuskan tali silaturahim terhadap saudaranya, telah melakukan dosa yang amat besar, bahkan jika mereka tidak saling memaafkan, maka amal ibadah yang mereka peroleh akan ditangguhkan bahkan tidak akan diberi oleh Allah swt.

4. Dosa Meninggalkan Shalat
Meninggalkan Shalat
Shalat merupakan ibadah magdhah yang sangat diutamakan dan hukumnya wajib. Shalat merupakan ritual umat Islam untuk berjumpa dan menghadiri panggilan Allah swt dalam 5 kali sehari semalam melalui suara muadzin. Oleh karena itulah, siapa yang sengaja meninggalkannya berarti dia enggan untuk berjumpa dan menghadiri panggilan dari Allah swt.

5. Dosa Fitnah dan Ghibah
Fitnah dan Ghibah
Fitnah merupakan perkataan yang menuduh, menceritai, menggosip yang tidak sesuai dengan fakta. Jelas saja ini dosa yang amat besar yang harus dihindari. sebab jika hal itu terjadi,maka orang yang difitnah akan sangat kecewa dan bisa minimbulkan prasangka banyak orang tentang dirinya. Sedangkan Ghibah merupakan penyebaran Aib seseorang dengan fakta yang benar, walaupun benar tetap saja ini dilarang.

6. Dosa Minuman Keras atau Khamar
Minuman Keras atau Khamar
Banyak kisah yang menceritakan bahwa orang-orang yang suka minum-minuman keras akan kehilangan kesadaran, sehingga melakukan perbuatan-perbuatan keji yang selalu menggangu dan merugikan diri sendiri dan orang lain bahkan Negara dan Agama.

7. Dosa Tidak Bersyukur
Tidak Bersyukur
Apa yang bisa kita balas dari segala apa yang telah kita terima dari Allah swt, nikmat nafas saja tidak mampu kita membayarnya, apalagi nikmat yang lain. Lalu masihkah kita tidak bersyukur? Wajar saja orang yang kufur akan nikmat termasuk dalm kategori orang-orang yang berbuat dosa besar.


Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurang saya mohon diberi kemaafan dan kritik yang membangun dari komentar atau kiriman email. Semoga artikel ini memberikan penyadaran tersendiri kepada kita, apakah kita termasuk orang yang telah atau masih melakukan dosa-dosa yang saya paparkan di atas, jika iya, maka segera bertaubat dan jika tidak, maka berhati-hatilah dan usahakan untuk menghindarinya.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis