7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Tips Mengobati Sakit Kepala secara Manual


Sakit Kepala
Banyak cara mengobati rasa nyeri pada kepala, jika kepala anda terasa sakit, maka jangan terlebih dahulu minum obatnya, hal ini bisa menyebabkan daya tahan tubuh akan selalu tergantung pada obat jika saat mengalami sakit, seperti sakit kepala. ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan perawatan secara alami. Berikut 7 Tips Mengobati Sakit Kepala secara Manual versi 7Top Ranking.

1. Stretching
Sakit kepala dapat timbul akibat otot yang tegang. Menarik nafas yang dalam dan meregangkan otot-otot leher dan pundak dapat membantu merelaksasi otot-otot tegang yang dapat menyebabkan sakit kepala. Jika anda ada waktu, senam yoga juga dapat merelaksasi otot-otot tubuh anda dan membantu mengatasi stres yang dapat memicu nyeri kepala.

2. Pijat
Berikan pijat selama 15 menit di lokasi sakit kepala. Pijat pada daerah penghilang rasa sakit dilakukan dengan cara memijat bagian telapak tangan yang berada diantara jempol dan jari telunjuk dan diikuti dengan pemijatan pada daerah ini juga di bagian kaki.Lakukan pemijatan sampai diri Anda merasakan sakit karena pemijatan ini.

3. Peregangan
Lakukan peregangan untuk mengurangi otot tegang yang memberi kontribusi terhadap nyeri. Cobalah tiga gerakan ini : gerakan leher (dagu ke depan, ke atas, dan ke samping kiri dan kanan); gerakan bahu (gerakan bahu ke atas, putar bahu ke depan dan belakang); dan leher isometrik (tangan menekan pada setiap sisi kepala). Lakukan peregangan dua kali sehari selama 20 menit per sesi. Tahan peregangan selama lima detik, relaks selama lima detik, dan ulangi setiap peregangan tiga sampai lima kali.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan minyak peppermint untuk mengoleskan di dahi, tulang rahang atau belakang leher. Minyak ini bertindak sebagai krim kortison alami yang mengurangi rasa sakit dan membantu menenangkan saraf serta merevitalisasi energi.

4. Aerobik
Latihan aerobik yang teratur, seperti jalan cepat, bersepeda, atau berenang, dapat mengurangi intensitas dan frekuensi migrain, menurut National Pain Foundation. Sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan dalam jurnal Headache terhadap pasien migrain yang melakukan senam teratur selama 12-minggu dengan bersepeda di dalam ruangan menunjukkan, ada peningkatan kualitas hidup dan berkurangnya angka kejadian migrain, serta intensitas nyeri.

5. Tidur
Kelebihan tidur, salah, dan kekurangan tidur pun salah. Perilaku tidur tersebut dapat menyebabkan sakit kepala berkepanjangan. Tubuh manusia bukanlah sebuah robot yang dapat di-setting sehingga dapat beraktivitas selama 24 jam. Sudah selayaknya kita dapat menyempatkan diri untuk tidur yang cukup dan teratur yakni 7-8 jam dalam sehari. Dengan membiasakan tidur dengan kapasitas normal tersebut, dapat membuat tubuh lebih segar di pagi hari dan menghilangkan sakit kepala.

6. Istirahat yang Cukup
Beristirahatlah yang cukup, sebab jika tubuh terlalu letih dan lelah ini juga dapat menyebabkan gangguan pada syaraf yang berhubungan dengan kepala. maka istirahat yang cukup sesuai aturan dapat meredakan sakit kepala anda

7. Obat-obatan
Obat seperti parasetamol dan aspirin dapat meringankan peradangan dan menghambat zat-zat kimia di otak yang menyebabkan rasa sakit. Obat-obat tersebut terkadang ditambahkan dengan kafein yang dapat meningkatkan penyerapan di usus, sehingga lebih efektif jika dipakai pada nyeri kepala yang lebih berat.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis