7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Nilai-Nilai Keagamaan


7 Nilai-Nilai Keagamaan
Dalam melaksanakan hukum agama, unsur yang sangat penting untuk membuat orang patuh ialah rasa kerelaan yang penuh dengan kesadaran berdasarkan pilihan sendiri. Manusia tunduk kepada agama adalah karena dorongan taat kepada Allah, karena ia taat kepada Allah, maka ia akan sadar bahwa dalam setiap kehidupannya akan selalu diawasi dan dilihat oleh Allah kendatipun tidak dapat diketahui manusia.

Penanaman nilai-nilai keagamaan merupakan hal yang mendasar yang harus diterapkan dalam setiap pembelajaran khususnya dalam pelaksanaan pendidikan keagamaan. menurut Nurcholish Madjid bahwa nilai-nilai keagamaan merupakan hal yang mendasar untuk ditanamkan pada anak dan dalam kegiatan menanamkan nilai-nilai inilah yang sesungguhnya menjadi inti dari pendidikan keagamaan. Berikut 7 Nilai-Nilai Keagamaan yang perlu ditanamkan versi 7Top Ranking.

1. Iman
Orang yang berada dalam kesehatan mental adalah orang-orang yang senantiasa melaksanakan aktivitas-aktivitas keagamaan sesuai dengan iman yang melekat pada dirinya, sedangkan konsep ketaqwaan merupakan kristalisasi iman seseorang, atau dengan arti lain bahwa iman sebagai kepercayaan sedangkan taqwa adalah bentuk perwujudan dari iman tersebut. Sistem ibadah merupakan salah satu kelanjutan logis sistem iman. Jika tidak dikehendaki, iman hanya akan menjadi rumusan-rumusan abstrak tanpa mampu memberikan dorongan batin kepada individu untuk berbuat sesuatu dengan tingkat ketulusan yang sejati, oleh karena itu iman merupakan sesuatu yang harus dilembagakan dalam konsep peribadatan yaitu taqwa sebagai ekspresi penghambaan seseorang kepada pusat makna dan tujuan hidupnya yaitu Allah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ibadah sebagai institusi iman, atau institusi yang menengahi antara iman dan konsekuensinya yaitu amal perbuatan.

2. Islam
Seorang yang mengaku Islam berarti ia melaksanakan, tunduk dan patuh serta berserah diri sepenuh hati terhadap hukum-hukum dan aturan-aturan allah, yang dalam hidupnya selalu berada dalam kondisi aman dan damai yang pada akhirnya dapat mendatangkan keselamatan hidup di dunia dan akhirat.

3. Ihsan
Ihsan secara bahasa berarti baik. Orang yang baik adalah orang yang mengetahui akan hal-hal baik, mengaplikasikannya dengan prosedur yang baik dan dilakukan dengan niat yang baik pula. Kualitas keihsanan seseorang dicapai melalui upaya pendekatan diri kepada Allah swt sehingga dalam segala aktivitas yang dilakukannya seakan-akan melihat Allah, apabila ia tidak mampu melihat-Nya maka sesungguhnya Allah swt melihatnya.

4. Taqwa dan ikhlas
Taqwa merupakan sikap yang sadar bahwa Allah selalu mengawasi dan ikhlas yaitu sikap murni dalam tingkah laku dan perbuatan yang semata-mata demi memperoleh Ridha Allah swt

5. Tawakkal
yaitu sikap senantiasa bersandar kepada Allah dengan penuh harapan kepada-Nya dan keyakinan bahwa Dia akan menolong dalam mencari dan menemukan jalan yang terbaik

6. Syukur
yaitu sikap penuh rasa terima kasih kepada Allah atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan-Nya

7. Sabar
yaitu sikap tabah menghadapi segala cobaan hidup baik besar maupun kecil, lahir maupun batin, fisiologis maupun psikologis.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis