7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Langkah Ampuh Untuk Menabung


Menabung
Menabung merupakan kegiatan yang sangat baik, dengan menabung kita belajar untuk mengatur keuangan, belajar sabar, dan pada saatnya tabungan diambil akan membuat hati kita senang. Kebiasaan menabung memang hendaknya ditanamkan dan dilakukan sejak usia dini atau sejak anak-anak. Dengan memiliki kebiasaan menabung dengan baik, maka kita dapat merencanakan masa depan dengan lebih baik lagi. Namun sayangnya seiring dengan bertambahnya usia, maka lebih sering juga kita akan menemukan masalah baru, terutama masalah yang berkaitan dengan keuangan. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat menabung dan hasil tabungan tersebut tidak berkurang bahkan secara tidak sadar habis.

Orang selalu mencoba untuk menabung, terutama jika kondisi ekonomi sedang memburuk. Apapun alasan Anda menabung, Anda akan menemukan berbagai tips dan trik yang bisa Anda terapkan. Menabung itu sebenarnya tidak sulit, dan Anda hanya perlu sedikit kreatif untuk mempelajari cara-cara apa saja yang bisa Anda terapkan untuk menabung. Berikut 7 Langkah Ampuh Untuk Menabung versi 7Top Ranking.

1. Jatuhkan Uang recehan Di Tempat Tertentu
Setiap anda membeli barang atau apapun bentuknya dan anda mempunyai uang kembaliannya berupa uang kecil seperti uang 500, 1000 dan lainnya yang anda anggap sebagai uang recehan, maka jatuhkan saja uang tersebut di mana anda suka, yang penting anda ingat saat anda menjatuhkannya.

Tips ini saya katakan sebagai tips menabung yang efektif, sebab dengan menjatuhkan uang recehan, kemungkinan anda lupa dan tidak ingat, namun tanpa anda sadari setelah 1 bulan atau lebih bahkan 1 tahun, ketika anda mengumpulkan uang-uang yang anda jatuhkan tadi, maka secara tidak sadar uang tersebut telah banyak

2. Catat Kebiasaan Anda dalam Sebulan
Sebenarnya menabung itu sangat mudah, selama pengeluaran Anda lebih kecil dari pendapatan. Sebelum itu, Anda harus tahu bagaimana kebiasaan Anda dalam mengeluarkan uang setiap bulannya. Cobalah untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Kemudian tentukan mana yang perlu dikurangi

3. Motivasi Diri Anda Untuk Mencapai Hasil yang Besar
Tentukan apa yang Anda inginkan dan ketahui berapa jumlah dana yang dibutuhkan, kemudian tentukan cara yang realistis seperti menabung reguler selama enam bulan. Letakkan gambar yang menunjukkan apa yang Anda impikan di meja kerja, kamar ataupun dompet agar Anda selalu ingat tujuan Anda menabung. Jadi tiap kali ada godaan diskon ataupun Obral Pakaian di mal, Anda tidak mudah tergoda.

4. Tentukan Tanggal
Jika Anda mendapat gaji bulanan maka tidak akan bermasalah untuk menentukan tanggal untuk menyisihkan dana, tapi bagi Anda yang menerima upah/gaji tiap dua minggu, maka tentukan satu dari dua tanggal tersebut untuk menyisihkan dana yang akan ditabung. Jika Anda wirausahawan, tentukan tanggal di tengah bulan di saat Anda tidak membayar tagihan-tagihan.

5. Membeli Barang yang Berguna
Saat anda mempunyai uang lebih, maka tabunglah uang anda tadi dengan membeli sesuatu yang bermanfaat atau yang sangat berguna atau barang yang dapat anda jual kembali seperti Emas dll. Cara ini juga efektif untuk menabung.

6. Rencana Keuangan
Semua orang seharusnya memiliki rencana keuangan. Salah satu cara terbaik untuk bisa menabung adalah dengan mencatat pengeluaran Anda. Pada umumnya, ketika seseorang tidak tahu ke mana saja perginya uang mereka, maka ketika mereka melihat catatan pengeluaran di atas kertas, mereka akan terkejut dan segera mengubah kebiasaan buruk mereka.

7. Simpan di Bank
Ketika Tabungan anda sudah mencapai 1 juta bahkan lebih, maka jangan dulu terburu-buru untuk menggunakannya, simpanlah uang anda tersebut di bank terdekat. Hal ini berguna agar tabungan anda berikutnya menjadi bertambah.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis