7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Tanda Stres Berat


7 Tanda Stres Berat
Setiap orang tentu mempunyai masalah-masalah dalam hidup, baik itu masalah ringan maupun masalah berat. Tahukah anda, terkadang masalah yang cukup sulit untuk diselesaikan dapat membuat anda kacau, bingung, ataupun gundah sehingga mengganggu aktivitas anda. Bukan hanya itu, terkadang suatu masalah membuat kita mengabaikan kebutuhan pokok kita seperti makan, minum, dan istirarahat. Tentunya anda sudah mengetahui dampak buruk yang dirasakan ketika kita mengabaikan kesehatan yaitu jatuh sakit. Stres memang pantas kita perhatikan dengan serius.

Pada dasarnya tanda stres berat dapat dilihat dengan mudah. Stres merupakan ketegangan atau gangguan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor dari luar, misalnya karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga, atau bahkan karena putus cinta. Stres bisa diatasi dengan relaksasi, bisa dengan berlibur atau bercanda ria bersama keluarga dan teman-teman. Karena apabila tingkatan stres sudah mencapai kronis maka anda akan mudah tertular oleh virus maupun penyakit yang ada di sekitar kita. Hmmm, ternyata stres juga berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Nah, bagi anda yang mempunyai kesibukan pekerjaan (karier) yang padat tentunya anda harus berhati-hati dengan yang ancaman stres. Stres bisa melanda anda apabila anda tidak bisa mengkondisikan hati dan emosional dengan baik dan bijak. Sedangkan bagi anda yang mempunyai masalah keluarga hendaknya diselesaikan dengan kebesaran hati dan jangan terlalu dipikir berat.Nah bagi anda yang mempunyai permasalahan dalam percintaan, jangan berpikir itu adalah akhir dari segalanya, yakinlah bahwa kelak akan indah pada waktunya. Setiap masalah yang dihadapi pasti ada jalan keluarnya selama anda mempunyai keseimbangan emosional yang baik. Berikut ini 7 tanda stres berat yang harus anda ketahui versi 7Top Ranking.

1. Tanda stres berat yang pertama adalah sakit kepala dan sakit punggung
Ketika seseorang mengalami kondisi stres tingkat tinggi / berat, salah satu kondisi yang dapat dilihat dan dijadikan patokan adalah adanya sakit kepala dan sakit punggung. Apakah anda mengalami hal ini? Lalu apa alasannya mengapa stress bisa mengakibatkan kondisi tersebut? alasannya adalah bahwa ketika sesorang mengalami stres berat, pada dasarnya secara tidak sadar kondisi stres tersebut mengakibatkan otot mengalami sebuah ketegangan / pengencangan. Dengan kondisi otot yang mengencang, maka biasanya akan berakibat rasa pegal, rasa sakit atau nyeri pada bagian punggung. Kemudian, kenapa stres bisa mengakibatkan sakit kepala? inilah alasannya, bahwa ketika pikiran dalam kondisi stres terus menerus, hal ini akan menimbulkan sebuah ketegangan yang dapat berakibat dan memicu adanya sakit kepala.

2. Tanda stres berat yang kedua adalah pilek terus menerus dan sulit sembuh
Apakah anda pernah atau sedang mengalami sakit pilek yang tidak kunjung sembuh dan sudah berlangsung lama? hmm, mungkin saja anda memang sedang dalam kondisi stres berat. Kenapa bisa begitu? apa alasannya? jadi begini, ketika seseorang dalam kondisi stres berat, maka stres akan menekan fungsi kekebalan tubuh. Jika fungsi kekebalan tubuh sudah menurun, akibatnya adalah tubuh akan mudah mengembangkan penyakit infeksi. Salah satu contohnya adalah pilek yang tidak kunjung sembuh tersebut. Sekarang anda sudah lebih faham kan? oke, kita lanjut ke tanda stres berat yang ketiga.

3. Tanda stres berat yang ketiga adalah Jerawat
Apakah anda pernah mengalami jerawat? kami yakin hampir semua orang pernah mengalaminya. Lalu apa penyebabnya? salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah faktor stres berat. Anda mungkin bertanya? apa korelasi stres dengan munculnya jerawat? inilah alasannya, ketika seseorang mengalami stres, maka stres akan membuat tubuh melepaskan androgen kedalam darah. Jika anda belum mengerti apa itu androgen, inilah penjelasan istilah androgen yang kami kutip dari wikipedia : "Androgen, hormon androgenik atau testoid, adalah istilah generik untuk senyawa alami atau sintetis. Androgen adalah hormon steroid yang merangsang atau mengontrol perkembangan dan pemeliharaan karakteristik laki-laki vertebrata dengan mengikat reseptor androgen yang juga merupakan pendukung aktivitas organ seks pria dan pertumbuhan karakteristik seks sekunder laki-laki." ( sumber : wikipedia ) . Hormon androgen akan meningkatkan kadar sebum dalam tubuh yang dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan dapat menyebabkan munculnya jerawat. Terlepas dari tanda stres yang ketiga ini, bagi anda para wanita yang sering / selalu mengalami masalah jerawat ketika masa datang bulan ( haid ) datang, mungkin anda bisa membaca artikel ini : tips menghilangkan jerawat saat haid. Semoga dapat membantu ya.

4. Tanda stres berat yang keempat adalah sulit tidur
Faktor stres merupakan masalah utama atau akar masalah adanya insomnia atau sulit tidur. Kecemasan dan stres memang sudah dikenal oleh semua orang sebagai penyebab utama kenapa seseorang mengalami sulit tidur. Bagaimana dengan anda? apakah anda juga mengalami hal ini? hmm, jika jawabnya iya, mungkin saja anda sedang terjangkit stres berat.

5. Tanda stres berat yang kelima adalah kulit gatal dan ruam
Mungkin diantara anda ada yang mengalami permasalahan kulit gatal dan ruam yang sudah berlangsung lama dan tidak kunjung sembuh, jika ini benar terjadi pada anda, boleh jadi anda sedang mengalami stres berat. Bagaimana stres bisa memicu timbulnya gatal dan ruam? inilah jawabannya, stres dapat mengaktifkan sistem kekebalan kulit, sehingga akan direspon dengan inflamasi yang dapat menyebabkan gatal kronis. Nah, sekarang sudah jelas kan? Dengan ini, maka bukti dasar bahwa stres memang dapat membuat ruam kulit dan memperburuk gangguan seperti psoriasis dan dermatitis.

6. Tanda stres berat yang keenam adalah gemeretak gigi pada saat tidur
Mungkin anda pernah mendengar teman atau saudara atau siapa saja yang pada saat tidur giginya bergemeretak. Nah, ini juga termasuk salah satu tanda stres berat. Akibat dari gemeretak gigi ini, akan mengakibatkan terkikisnya enamel dan dapat menyebabkan retaknya tambalan gigi. Selain itu, gemeretak gigi ini juga dapat menyebabkan pegal di mulut atau rahang sakit.

7. Tanda stres berat yang ketujuh adalah gusi sensitif
Perlu anda ketahui, bahwa ternyata stres juga bisa mengakibatkan gusi sensitif. Hal ini didukung oleh adanya hasil penelitian / studi yang dipublikasikan didalam Journal of periodontology yang menyatakan bahwa stres akan mengakibatkan tubuh tidak mampu melawan bakteri jahat yang mengendap di gusi. Dengan kondisi seperti ini, maka akan menyebabkan terjadinya peradangan, nyeri serta pendarahan yang pada akhirnya akan membuat kebersihan mulut menjadi buruk / memburuk. Bagaimana dengan gusi anda?

Tambahan

1. Tanda stres berat yang kedelapan adalah rambut rontok dan kedut di mata
Hampir semua orang sudah tahu bahwa seseorang yang rambutnya rontok kemungkinan besar disebabkan oleh stres. Iya, ternyata memang benar, bahwa stres dapat memicu rontoknya rambut. Bagaimana penjelasannya? inilah alasannya, ketika stres fisik atau emosional melanda, maka akan mendorong sebagian besar rambut untuk memasuki fase istirahat. Dalam jangka waktu beberapa bulan kedepannya, rambut-rambut ini akan rontok ketika sedang keramas atau opada saat disisir. Kemudian untuk kedut di mata, memang kemungkinnan banyak yang belum mengetahui bahwa kedut mata ada hubungannya dengan stres. Ketika seseorang sedang mengalami stres, maka kelopak mata akan mulai berkedut. Nah, semoga anda menjadi lebih faham setelah membaca ini.

2. Tanda stres berat yang kesembilan adalah sulit berfikir jernih
Apakah anda sudah pernah melihat seseorang yang bicaranya tidak nyambung dan ngelantur dan orang tersebut terlihat gelisah dan tidak fokus / sulit berkonsentrasi? Bisa jadi, orang tersebut sedang dilanda stres berat. Karena, ketika seseorang sedang mengalami stres maka dia akan sulit berkonsentrasi dan fokus pada apapun yang ia akan katakan dan apapun yang akan dia lakukan. Kondisi seperti ini akan menyebabkan orang tersebut tidak bisa berfikir secara jernih dan tidak rasional.

3. Tanda stres berat yang kesepuluh adalah nyeri atau gangguan perut
Ternyata stres memang ada kaitannya dengan nyeri atau gangguan yang terjadi pada perut. Karena, ketika stres menyerang, maka lapisan usus akan menjadi sangat sensitif terhadap hormon negatif yang di sekresi kan oleh tubuh. Nah, dengan kondisi seperti ini, maka akan memicu banyak sekali permaslahan pencernaan. Diantaranya adalah sakit perut, mulas, kram atau diare yang terkait dengan stres kronis / stres berat.

^^Nah, itulah beberapa tanda stres berat melanda anda tersebut. Masih terkait dengan stres, mungkin anda juga tertarik membaca yang ini, tips pijat sendiri untuk kurangi stres. Semoga apa yang telah kami hadirkan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi anda. Hindari stres, mari kita budayakan selalu pola hidup sehat.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis