7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Manfaat Serat Bagi Tubuh



Serat telah terbukti membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, serat juga dapat mencegah dari berbagai serangan penyakit. Kebanyakan orang hanya mengetahui itu saja manfaat dari serat.

Padahal serat juga memiliki peran yang penting bagi kesehatan tubuh, sama pentingnya dengan makanan sehat dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan tubuh. Adapun beberapa manfaat serat yang lain adalah :


1. Menjaga kesehatan usus
Memang tidak ada kaitannya antara makanan berserat dengan risiko kanker usus besar. Walaupun begitu, mengonsumsi makanan yang berserat sesuai kebutuhan, secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.


2. Memperpanjang usia
Mengonsumsi serat sesuai kebutuhan harian yakni 14 gram dalam setiap 1000 kalori, mempunyai kesempatan hidup 9 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang tidak memenuhi kebutuhan serat hariannya.


3. Mencegah diabetes
Makanan berserat tinggi diketahui juga cukup ampuh dalam memperlambat penyerapan gula di dalam kadar darah. Dengan begitu, orang yang selalu memenuhi kebutuhan serat setiap harinya akan memiliki risiko yang lebih kecil mengalami diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi serat.


4. Melancarkan pencernaan
Banyak orang yang mengalami masalah pencernaan sehingga membuatnya susah untuk buang air besar. Hal ini bisa jadi dikarenakan kurangnya asupan serat setiap harinya. Bila anda sering mengalaminya, sebaiknya konsumsi serat sesuai kebutuhan harian agar pencernaan anda tidak bermasalah.


5. Mencegah serangan jantung
Menurut sebuah penelitian jangka panjang, makan makanan berserat juga dihubungkan dengan pencegahan penyakit jantung. Selain itu, penelitian tersebut juga membuktikan jika serat dapat mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah.


6. Menurunkan kolesterol
Serat larut mempunyai peranan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, yang biasanya menjadi biang keladi terjadinya penyakit kardiovaskular.


7. Menurunkan berat badan
Serat mempunyai kecenderungan memberikan efek kenyang pada waktu yang cukup lama. Hal ini bisa dimanfaatkan, terutama bagi anda yang sedang menjalani program diet, sehingga bisa efektif dalam menurunkan berat badan.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis