7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Manfaat Jeruk Nipis


7 Manfaat Jeruk Nipis-Tanaman Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia), mulai dari daun, buah, hingga kulitnya memiliki banyak manfaat. Meskipun rasanya pahit keasaman dan sedikit dingin, jeruk nipis telah terbukti memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Seperti halnya pada air buah jeruk nipis yang bisa dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, dibuat minuman, obat herbal, dan sebagai campuran jamu. Selain itu, air jeruk nipis juga dapat digunakan untuk membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor.

Di dalam jeruk nipis, terdapat kandungan minyak terbang limonene dan linalool. Selain itu juga terdapat kandungan flavonoid, seperti naringin, poncirin, hesperidine, dan rhoifolin. Pada buahnya yang masak terdapat kandungan synephrine dan N-methyltyramine. Adapun terdapat juga kandungan vitamin C, B1, dan A, serta kalsium, fosfor, asam sitrat dan besi. Bagi pasien yang memiliki batu ginjal, asam sitrat dapat mencegah kekambuhan pasca operasi.

Ada beberapa tips yang diberikan oleh Dr. Setiawan Dalimartha dari Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia (HIPTRI) dan seorang herbalis dari Bandung, Hj. Sarah Kriswanti, dalam memanfaatkan tanaman jeruk nipis sebagai herbal yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit, beberapa diantaranya adalah :

1. Ambeien

10 gram akar pohon jeruk nipis dibersihkan, direbus dengan 1 liter air dan disaring. Minum selagi hangat 3 kali sehari.

2. Amandel

Kulit 3 jeruk nipis dibersihkan,dipotong-potong dan direbus dengan 2 gelas air sampai dengan tersisa ¾, kemudian disaring. Air tersebut dibuat untuk berkumur dan dilakukan 3-4 kali sehari.

3. Anyang-anyangan

Bersihkan 2 buah jeruk nipis, dan peras. Tambahkan gula batu secukupnya dan 1 gelas air hangat. Minum 1 kali sehari.

4. Batuk

Bersihkan 1 buah jeruk nipis, kemudian diperas. Campurkan dengan 1 sendok madu dan sedikit garam. Aduk hingga rata kemudian disaring. Minum 2-3 kali sehari. Selain cara tersebut, dapat juga dengan mencampur perasan jeruk nipis dengan sepotong gula batu, aduk hingga rata. Minum 1 kali sehari sampai sembuh.

5. Batuk disertai flu

Jeruk nipis masak yang mengandung cukup air dipotong, lalu diperas. Seduh air perasan dengan 60 cc air panas, kemudian tambahkan ½ sendok the air kapur sirih dan aduk hingga rata. Minum 2 sendok makan 2 kali sehari.

6. Bau Badan
Terdapat 2 cara menghilangkan bau badan pada ketiak, yaitu:

a. Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, kemudian oles tipis dengan kapur sirih pada bagian irisan. Oleskan pada ketiak setelah mandi, biarkan selama 5 menit lalu bilas. Cara ini dilakukan tiap pagi dan sore.
b. 10 helai daun muda jeruk nipis ditumbuk halus, lumatkan, dan buat pulung kecil-kecil seperti pil. Makan pil tersebut 3 kali sehari.

7. Batu Ginjal

2 butir jeruk nipis kampung diperas, kemudian diencerkan dengan 2 gelas air hangat. Minum setelah makan malam dan lakukan selama 10 hari.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis