7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Cara Mengatasi atau Mengobati Gigi Sensitif


Tidak perlu dipungkiri kalau memiliki gigi yang sensitif memang sangat mengesalkan, meskipun hanya menyerang beberapa saat saja, tapi rasanya sungguh menyakitkan, jika gigi terasa ngilu bisa dipastikan anda memiliki gigi sensitif, lalu bagaimana cara mengatasi atau mengobati gigi ngilu?

Memakan makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin, atau makanan yang terlalu manis dan asam bisa menyebabkan rasa ngilu pada gigi, terutama bagi anda yang memang memiliki gigi sensitif. Tentu saja cara terbaik mengatasi gigi ngilu adalah dengan meminta saran langsung dengan dokter gigi agar mendapatkan pengobatan atau perawatan terbaik, dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi atau mengobati gigi ngilu.

Namun terkadang waktu kita tidak terlalu lapang untuk berkunjung ke dokter gigi, oleh karena itu kami akan memberikan sedikit tips bagaimana caranya mengobati gigi ngilu. Gigi sensitif dibedakan atas dua macam, yaitu sensitifitas dentinal dan sensitifitas pulpa.

Sensitifitas Dentinal: Terjadi jika email gigi sudah terkikis dan terlihatnya bagian tengah gigi. Sensitifitas Pulpa: Terjadi karena jantung gigi yang sudah mengalami kerusakan. Lalu bagaimana cara mengobati gigi ngilu? Dibawah ini adalah beberapa tips untuk mengatasi gigi sensitif

7 Cara Mengatasi atau Mengobati Gigi Sensitif

1. Gunakan pasta gigi
Gunakan pasta gigi yang memang dibuat untuk gigi sensitif, formula yang terkandung didalamnya memang sudah dikhususkan untuk mengatasi gigi sensitif sehingga akan lebih maksimal untuk mengatasi rasa ngilu akibat gigi sensitif.

2. Gunakan pembersih mulut (Mouthwash) untuk menjaga kesehatan gigi sensitif
Mouthwash sebenarnya memang digunakan untuk penyegar mulut, namun beberapa zat aktif yang terkandung didalamnya juga berperan aktif untuk mengusir kuman dan menghilangkan bau didalam mulut. Selain itu juga berperan penting untuk menghancurkan karang gigi yang mengakibatkan gigi semakin rapuh sehingga menimbulkan rasa ngilu akibat gigi yang terus terkikis.

3. Sikatlah gigi dengan baik dan benar
menyikat gigi terlalu keras justru akan mengikis enamel dan lapisan pelindung gigi. Kebiasaan masyarakat adalah menginginkan gigi putih, untuk itu mereka menyikat gigi terlalu keras. Ini merupakan kesalahan besar terutama bagi penderita gigi sensitif. Sebagai akibatnya, kekuatan cengkraman gusi terhadap gigi menjadi lemah dan gigi mudah goyang. Selain itu, gunakanlah sikat gigi yang lembut untuk mengurangi kerusakan gigi sensitif. Sikat gigi yang kasar akan mengikis lapisan gigi dan akan menambah rasa ngilu pada gigi sensitif. Lalu sikatlah gigi anda secara perlahan dan lembut.

4. Hindari Makanan Yang Terlalu panas dan Dingin
Hindari makanan yang terlalu panas maupun yang terlalu dingin. Hindari juga memakan buah-buahan yang terlalu asam, termasuk minuman yang juga terlalu asam.

5. Jangan Makan yang Panas dan Dingin
Jangan berpindah ke makanan yang terlalu dingin setelah memakan makanan yang terlalu panas, begitupun sebaliknya, karena ini akan menyebabkan rasa ngilu pada gigi sensitif.

6. Jangan makan permen karet
Permen karet memang berfungsi untuk memutihkan gigi, namun terlalu sering mengunyah permen karet justru akan mengikis kekuatan gigi anda. Karena permen karet akan mengakibatkan penipisan pada dinding gigi, meskipun efeknya gigi anda terlihat lebih putih.

7. Sikatlah gigi secara teratur
Selain itu telitilah dalam menyikat gigi anda. Terlalu sering lupa menyikat gigi akan meningkatkan kadar asam dalam mulut dan merapuhkan gigi anda. Akibatnya plak akan mudah terbentuk dan menjadi penyebab gigi sensitif.


Jika gigi sensitif sudah terlalu parah, sebaiknya hubungi dokter gigi. Dokter akan mengambil tindakan sesuai dengan kondisi gigi sensitif yang anda miliki. Kemungkinan akan dilakukan perawatan bonding untuk mengembalikan perlindungan terhadap gigi yang sudah terkikis. Lalu Dentin Seales untuk melindungi gigi anda, Fluoride yang berfungsi untuk melapisi akar gigi yang terlanjur terekspos, dan juga root canal treatment untuk menangani masalah sensitivitas pulpa. Dengan ini anda bisa mengambil tindakan apa yang perlu anda lakukan untuk mengatasi atau mengobati gigi ngilu akibat gigi sensitif.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis