7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Tips Olahraga Untuk Usia Lanjut


7 Tips Olahraga Untuk Usia Lanjut
Semakin tua umur manusia maka kualitas kesehatannya akan menurun bila dibandingkan pada saat manusia masih anak-anak dan dewasa. Bagi anda sudah berumur di atas 60 tahun maka anda harus menjaga kesehatan dengan baik karena sedikit saja anda melakukan kesalahan maka akibatnya akan fatal.

Kualitas kesehatan seseorang yang masih muda dapat dilihat dari aktifitas dan pekerjaan dia setiap hari, bila dia pekerja fisik seperti tukang bangunan, bagian produksi di perusahaan dan lainnya maka dia bisa dikatakan sudah bergerak dan mendapatkan keringat dalam kerjanya. Hal itu baik, akan tetapi bagi seseorang yang kerjanya hanya duduk di depan komputer maka hal itu sangat buruk bagi kesehatan dia karena tidak bergerak dan tidak mendapatkan keringat yang mengucur. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan olahraga rutin misalnya 3 kali seminggu dengan joging, main futsal, basket, tenis dan lainnya.

Nah untuk anda yang berusia lanjut di atas 60 tahun maka melakukan olahraga yang membutuhkan tenaga yang besar hal itu tidak selalu baik bagi kesehatan, misalnya anda ikut bermain futsal dengan kaum muda selama 60 menit. Bisa jadi setelah main futsal anda akan merasakan kesakitan sepulang di rumah. Untuk itu kami akan memberi beberapa tips olahraga bagi usia lanjut :

1. Jangan sampai Dehidrasi
Olahraga fisik akan mengeluarkan banyak cairan tubuh melalui keringat terutama pada daerah kota besar yang cuacanya sangat panas, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan lainnya. Minumlah air secukupnya sebelum berangkat berolahraga dan jangan lupa membawa air minum segar dalam botol di tas anda.

2. Jangan Lupa Melakukukan Pemanasan
Setiap pemanasan dibutuhkan ketika akan melakukan olahraga karena akan melemaskan otot dan menghindari cedera ringan dan parah. Bagi yang berusia lanjut melakukan pemanasan adalah hal yang sangat penting. Orang yang masih mudah saja bisa cedera bila olahraga tanpa pemanasan apalagi anda yang berusia di atas 60 tahun ?

3. Lakukan Olahraga dengan Gerakan Pelan
Perlu diingat bahwa pada usia lanjut persendian dan otot anda tidak sekuat pada masa muda, sedikit saja anda berolahraga dengan jenis gerakan cepat maka anda akan mengalami kesleo, nyeri otot dan rheumatik kambuh. Pilihlah olaahraga dengan ritme pelan dan stabil misalnya joging, senam kesehatan usia lanjut, jalan-jalan dan lainnya.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis