7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Tips Meningkatkan Motivasi Kerja


Motivasi kerja seseorang pastinya berbeda dengan orang lain, oleh karena itu perlu kita mengenali bagaimana cara meningkatkan motivasi kerja pada diri masing-masing. Sebagai contoh, melihat kehidupan seorang pemilik warung di sebelah kos-kosan saya. Setiap hari beliau bangun pagi dan berangkat ke pasar berbelanja bahan masakan pada waktu pagi sekali sekitar jam 03.00 WIB, paling lambat adalah sesaat setelah adzan subuh berkumandang. Setelah berbelanja di pasar, beliau memasak sendiri bahan-bahan tersebut dan menjajakannya di warung sampai malam hari.

Sekilas melihat cerita yang dipaparkan, kita merasa berat sekali kehidupan seperti itu, penulis sendiri terkadang belum mampu bangun rutin sebelum subuh. Lantas kita bertanya, apa yang membuat orang-orang seperti dapat bekerja dengan motivasi yang tinggi dan konsisten? Setiap aktivitas manusia pastinya didorong oleh sebuah kebutuhan dan tujuan yang hendak dicapainnya. Maka untuk meningkatkan motivasi kerja kita perlu menilai dan menimbang dua faktor tersebut dengan tips sebagai berikut:

1. Dimulai Dari Kebutuhan Hidup
Kebutuhan bagi seorang pekerja yang masih lajang tentulah berbeda dengan para pekerja yang telah berkeluarga. Bukan berarti artikel motivasi ini menyuruh untuk segera menikah agar dapat termotivasi saat bekerja (tapi benar juga yach..?). Memahami posisi kita sebagai bagian dari keluarga, dimana kemandirian diharapkan oleh orang tua dan tauladan bagi saudara-saudari kita mungkin dapat menjadi alasan kuat bagi kita untuk berubah ke arah yang lebih baik. Cari kebutuhan penting apa dari hidup anda sekarang sehingga dapat mengetahui prioritas kewajiban dan hak sebagai individu sosial di keluarga ataupun masyarakat.

2. Menentukan Tujuan Dan Cita-Cita Masa Depan
Setiap diri sudah tentu mempuyai tujuan dan cita-cita dalam kehidupannya. Semakin tinggi dan mulia cita-cita seseorang maka semakin termotivasi untuk bekerja lebih keras. Misal bercita-cita memberangkatkan haji orang tua kita sendiri, maka sudah seharusnya kita memiliki motivasi kerja yang tinggi dan bekerja lebih kuat serta cerdas.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis