7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

7 Tips Mendidik Pribadi Anak


Orangtua yang peduli dengan perkembangan anaknya tentu tidak bisa tidur dengan pulas dengan keadaan sosial seperti ini. Mereka kebanyakan memilih jalan singkat dalam menyelesaikan permasalahan ini. Cara yang biasa mereka tempuh adalah menyerahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah formal agar bisa mendidik anaknya menjadi pribadi yang baik. Sayang disayang, solusi yang banyak dilakukan para orangtua ini salah besar. Karena kita ketahui bahwa di sekolah formal anak-anak tidak mendapatkan pengajaran moral dan agama yang cukup, paling mereka hanya bisa belajar pelajaran agama 2 jam saja. Dengan waktu 2 jam tentunya tidak akan cukup untuk menjelaskan tentang agama Islam yang memiliki cakupan yang luas.

Dalam mendidik anak tentunya tidak bisa menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah apalagi sekolah formal. Seharusnya orangtua sendirilah yang menjadi guru bagi mereka karena keluargalah tempat pertama anak-anak menimba ilmu. Keluargalah yang mencetak pribadi anak, bila keluarga rusak tentunya kemungkinan besar anaknya menjadi pribadi yang rusak. Dan sebaliknya bila keluarga baik maka kemungkinan besar anaknya menjadi baik tetapi sering juga kita temukan bahwa anak yang nakal berasal dari keluarga yang baik. Nah agar orangtua tidak salah dalam mendidik anak maka tips mendidik anak berikut dapat diterapkan, di antaranya :

1. Membiasakan anak agar anak rajin melakukan perintah dan menjahui larangan agama. Banyak orangtua yang teledor dalam melakukan hal ini, mereka berpendapat bahwa anak-anak yang masih kecil (misalnya balita) tidak perlu untuk dibiasakan bertaqwa karena belum cukup umurnya. Hal ini adalah kesalahan yang fatal. Anak kecil merupakan masa terbaik dalam mendidik pribadi anak. Mereka akan cepat menyerap ilmu yang diajarkan. Mereka juga akan cepat meniru perkataan dan perbuatan orang yang ada di sekelilingnya terutama kedua orangtuanya. Berikanlah anak-anak contoh yang baik dan benar dalam beragama, dengan hal ini anak-anak dalam masa kecilnya akan memiliki pondasi yang kuat.

2. Berikan nasihat agama dengan perkatan yang baik dan lembut. Mengingatkan anak-anak ketika berbuat salah adalah kewajiban orangtua, bila orang tua meninggalkan kewajiban ini maka anak-anak akan melakukan hal-hal yang diluar dugaan kita. Semakin mereka dibebaskan dalam berbuat salah maka semakin besar mereka akan menjadi pribadi yang rusak. Berikanlah nasihat yang mendidik dan membuat pikiran anak menjadi dewasa. Katakanlah suatu perbuatan itu salah beserta dalilnya, dan jangan lupa untuk memberikan solusi pada masalah mereka itu. Misalnya bila anak-anak sering mengambil barang milik temannya maka orangtua harus mengatakan hal itu salah karena Islam melarang hal itu, kemudian berikan sebuah solusi contohnya bisa meminjam kepada teman dengan cara baik-baik agar temannya bisa berbagi.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis