7Top Ranking
Jasa Review
Mainbitcoin

Pendidikan Anak: Mewujudkan Generasi Unggulan


Pendidikan Anak
Artikel pendidikan anak yang baik merupakan salah satu sumber ilmu bagi para Ibu ataupun praktisi dunia pendidikan untuk merealisasikan generasi unggulan di era yang semakin modern saat ini. Mendidik anak-anak mulai dini adalah aktivitas pembelajaran terpenting dalam perkembangan kepribadian anak-anak ke depannya.

Generasi sekarang adalah hasil jerih payah generasi terdahulu yang telah memberikan pelajaran, tauladan serta wawasannya. Otomatis peranan orang tua memegang kunci terpenting dalam mendidik anak-anaknya. Artikel pendidikan anak meletakkan orang tua sebagai pihak pertama dalam proses pembinaan anak.

Artikel pendidikan anak mengungkapkan bahwa untuk menjadi orang tua yang baik saat ini tidaklah mudah. Banyak faktor yang menghambat atau mereduksi peranan orang tua dalam pendidikan anak. Menitipkan kepada sekolah untuk mendidik anak secara total juga adalah yang dipandang salah, sebab anak memerlukan contoh dan bimbingan dari orang tua khususnya dari Ibunya. Lalu bagaimana cara terbaik dalam membina anak-anak agar tidak terpelosok dalam pemikiran berbahaya atau pergaulan yang terlalu bebas?

Untuk mewujudkan generasi unggulan diperlukan beberapa proses dan tahapan pendidikan pada anak-anak. Berikut tip membina akhlak anak dari artikel pendidikan anak yang digali dari kumpulan artikel:
  • Tumbuhkan kecintaan mereka pada akidah dan keyakinan agama. Benteng terbaik untuk memproteksi anak dari ide-ide sesat dan pergaulan yang semakin bebas.
  • Berikan anak untuk mencontoh idola yang baik. Jangan sampai anak mengidolakan tokoh atau superhero produk kebudayaan barat yang mengutamakan nilai kebebasaan dan materi sebagai standar perbuatan.
  • Biasakan anak beramal sholih. Kebiasaan baik tidak terbentuk secara instan tetapi melewati proses pembinaan yang perlu kontrol dari orang tua.
  • Rewad dan punishment. Sistem hadiah dan sanksi dapat memberikan pelajaran langsung kepada anak tentang hasil dari suatu perbuatan baik atau sebaliknya.
  • Berikan contoh kepada anak-anak. Pendidikan tanpa tauladan dari guru adalah pendidikan yang hampa, anak terbiasa melihat orang tua dalam beraktivitas. Jaga aktivitas anda agar selalu dalam jalan kebaikan niscaya anak akan meneladani jalan tersebut
Kewajiban dan hak. Mengetahui hal-hal apa yang termasuk kategori kewajiban dan hak dapat menyelaraskan pola pikir anak-anak tentang kehidupan. Mereka akan mengutamakan kewajiban terlebih dahulu sebelum meminta haknya dipenuhi.

Dengan minimnya fungsi pendidikan Islam di masyarakat Indonesia saat ini menimbulkan begitu banyak problema bagi kehidupan keluarga muslim khususnya bagi anak-anak dan remaja. 

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. 7Top Ranking - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis